Kampung Nyutran Wujud Persahabatan Kraton Mataram dan Madura

Rabu 06/06/2018 10:15 WIB   Informasi   Skyelazt

Kampung Nyutran yang terletak di Kelurahan Wirogunan Kecamatan Mergangsan berada di sebelah selatan wilayah Kampung Jayanegaran. Dulunya, Kampung Nyutran adalah merupakan tempat pemukiman prajurit Nyutro Keraton Yogyakarta. Disebut Prajurit Nyutro karena konon prajurit golongan ini merupakan prajurit sumbangan dari Madura yang di tempat asalnya di Keraton Sumenep bernama Prajurit Panyutra.

Pengiriman Prajurit Panyutra tersebut sebagai sumbangan persahabatan dari Madura kepada Keraton Mataram (Yogyakarta dan Surakarta). Sebagai bukti bahwa Prajurit Nyutra berasal dari Madura dapat dilihat dari seragamnya yaitu ada golongan Prajurit Nyutra yang menggenakan ikat kepala udeng-gilig (ikat kepala khas Madura)dengan bersenjatakan keris, tombak lembing, dan tombak panjang.

Selain itu juga ada golongan Prajurit Panyutra yang dinamakan golongan Trunajaya. Serta kebanyakan gelar anggota kesatuan Prajurit Panyutra adalah Raden Panji (RP) yang merupakan gelar kebangsawanan di Keraton Sumenep (Madura). Disamping itu, di daerah asalnya yaitu di Keraton Sumenep (Madura) juga masih ada nama kesatuan prajurit yang bernama Panyutra.

Kampung Nyutran memiliki kisah penting dalam sejarah Kasultanan Ngayogyakarta. Pada tahun 1775 M pemerintahan Hamengku Buwono I membentuk 13 kesatuan prajurit, salah satunya Bregada Prajurit Nyutro. Konon, Prajurit Nyutro adalah termasuk bregada elite karena menerima gaji setara dengan Prajurit Wirabraja dan Bugis.

Bregada Prajurit Nyutra merupakan prajurit klangenan bukan prajurit perang. Mereka terampil menari dan menjadi pengawal upacara Garebeg yang menjaga keselamatan Sultan saat duduk di Siti Hinggil.

Sebelum menjadi hunian, wilayah ini merupakan hutan bambu dan alang-alang. Banyak dijumpai bambu apus, petung dan wulung. Bambu-bambu dari Nyutran digunakan untuk memenuhi kebutuhan Keraton. Sedangkan pada masa penjajahan Nyutran dikenal sebagai markas pergerakan rakyat. Tahun 1923-1926

Kini, Kampung Nyutran telah berkembang menjadi suatu wilayah penduduk yang padat karena lokasinya sangat strategis. Berada di tengah Kota Yogyakarta dan dekat dengan sejumlah perguruan tinggi membuat Nyutran banyak dilirik menjadi tempat tinggal maupun pemondokan atau kos mahasiswa. Potensi ekonomi tumbuh sangat pesat di wilayah ini. Sebagai penanda ciri khas Kampung Nyutran, terdapat patung Bregada Nyutra di salah satu pintu masuk Kampung Nyutran. (Ita/berbagai sumber)

Komentar