Latih Mitigasi Bencana, RS Jogja Adakan Simulasi Kebencanaan

Selasa 12/03/2019 15:21 WIB   Berita Utama   Administrator

Dalam rangka upaya mengurangi resiko bencana, Rumah Sakit Jogja melakukan pelatihan simulasi kebencanaan. Kegiatan ini berlangsung pada hari Sabtu (2/3) pagi di Rumah Sakit Jogja, Wirosaban. Pelatihan ini menggandeng Dinas Kebakaran Pemerintah Kota Yogyakarta dan CV Wahana Tunggal.

Dituturkan oleh Direktur Rumah Sakit Jogja, dr Ariyudi Yunita MMR, Rumah Sakit Jogja sebagai unit pelayanan kesehatan yang dilengkapi dengan fasilitas bangunan dan peralatan tentu saja memerlukan upaya mitigasi bencana jika terjadi kejadian bencana untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan apabila terjadi bencana

“Simulasi dilaksanakan sebagai langkah awal kesiapsiagaan Rumah Sakit jika sewaktu-waktu terjadi kejadian bahaya dan bencana” Ungkapnya

Lebih lanjut, Ia mengungkapkan, salah satu kejadian bencana yang memungkinkan kerusakan dalam waktu singkat dan menimbulkan kerusakan dengan skala besar adalah kebakaran, demikian, di samping hal tersebut pada saat kejadian bencana sangat memungkinkan penanganan segera seperti kejadian henti jantung, henti nafas, dan kejadian keamanan lainnya seperti penculikan bayi, dan kekurangan persediaan sarana air bersih.

“Untuk itu Rumah Sakit perlu melakukan pelatihan simulasi bersama antara code red, code green, code blue, code pink dan uji titik kritis air dalam upaya peningkatan kemampuan personil dalam upaya menghadapi hal tersebut” Imbuhnya.

Pelaksanaan pelatihan ini sendiri diikuti oleh segenap civitas hospitalia RS Jogja, termasuk perwakilan profesi yang ada di RS, direksi, dan manajemen.

Tag
Komentar