KASDIM PERIKSA KELENGKAPAN DAN PERAWATAN KENDARAAN BABINSA KODIM 0734/YOGYAKARTA

Yogyakarta – Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0734/Yogyakarta Letnan Kolonel Tjatur Supriyono, S.Si., M. Sc. memimpin pemeriksaan Kendaraan Dinas Roda Dua Jabatan Babinsa, di Lapangan Apel Kodim 0734/Yka, Rabu(20/11/2019)

Kegiatan ini rutin dilaksanakan secara periode, untuk mengetahui kondisi kendaraan sehingga kondisi kendaraan dinas tetap terpelihara dengan baik dan dapat memperpanjang usia pakai. Selain itu melalui kegiatan pemeriksaan kendaraan ini juga dapat mengetahui sejauh mana pemeliharan terhadap kendaraan dinas yang dipertanggung jawabkan  kepada Personel Kodim 0734/Yogyakarta

Kasdim 0734/Yogyakarta menyampaikan pengecekan rutin terhadap kendaraan inventaris Kodim 0734/Yogyakarta baik secara fisik maupun administrasi ini penting karena kendaraan operasional yang digunakan setiap hari oleh para pemegang kendaraan untuk mendukung tugas – tugas di wilayah maka dirasa perlu.”Pengecekan kondisi kendaraan serta penekanan tentang servis rutin dan ganti oli sangat perlu secara rutin dicek untuk mendukung tugas pokok Babinsa kedepan” ungkap orang nomor dua di Kodim 0734/Yogyakarta ini.

Pemeriksaan kendaraan ini dilaksanakan oleh Staf Intel dan Staf Logistik/Perawatan Kodim 0734/Yogyakarta. Di tempat yang sama Kapten Inf Rahmat selaku Pasi Intel Kodim 0734/Yogyakarta mengatakan bawa terkait pemeriksaan kendaraan ini dititik beratkan kepada Pengamanan Materiil  dan Pengamanan Personel yang meliputi kelengkapan kendaraan mulai dari SIM TNI, STNK, Lampu Send, kaca spion, ban serta mesin karena dalam keadaan kondisi kendaraan yang baik dapat mengurangi resiko kerugian personel maupun materiil. “Saya menekankan kepada seluruh personel khususnya pemegang kendaraan dinas harus mengerti serta mematuhi aturan – aturan lalu lintas. Pemegang kendaraan dinas di wajibkan untuk mempertanggung jawabkan baik itu kelengkapan surat – surat maupun kelengkapan kendaraan lainnya sehingga bisa menunjang tugas-tugas kedepan” penekanan Pasi 1/Intel kepada Babinsa yang memegang tanggung jawab terhadap kendaraan dinas. Masih ada ditemukanya kendaran dinas dalam keadaan ban yang sudah gundul Pasi 1/Intel memerintahkan kepada pemilik kendaraan tersebut untuk segera mengganti. Menyangkut konsekuensi tindakan  Pasi Intel memastikan bahwa setelah adanya pemeriksaan ini jika di kemudian hari ditemukan pelangaran – pelanggaran menyangkut kendaraan dinas akan diproses sesuai aturan yang berlaku

Sementara itu Pasi 4/Log Kodim 0734/Yogyakarta Kapten Chb Ladiya mengatakan bahwa kegiatan pengecekan kondisi kendaraan seperti ini pemeriksaan kendaraan ini dapat mengetahui sejauh mana pemeliharan terhadap kendaraan dinas yang dipertanggung jawabkan.  Kepada Personel Kodim 0734/Yogyakarta  Pasi 4/Log juga menekankan kepada para pemegang kendaraan dinas agar selalu menjaga kebersihan dan melaksanakan pemeliharaan mesin secara berkala agar  memperpanjang usia kendaraan.