WARGA KAMPUNG BACIRO BERTEKAD MEWUJUDKAN KAMPUNG MANDIRI BERBASIS SENI, BUDAYA DAN PENDIDIKAN

Bertempat di Aula Kantor Kelurahan Baciro pada tanggal 26 November 2019 warga kampung Baciro berkumpul untuk mengikuti Forum Group Discussion (FGD) yang diselanggarakan kelurahan Baciro bekerjasama dengan Universitas Tekhnologi Yogyakarta sebagai pendamping penataan wilayah Baciro. FGD kampung baciro bertujuan untuk secara bersama-sama seluruh stakeholder kampung mengupas semua permasalahan dan potensi yang ada di kampung baciro. Potensi dan permasalahan yang ada selanjutnya dibicarakan bersama untuk menentukan Visi dan misi kampung.

Dengan mayoritas warga berpendidikan tinggi dan dengan perkampungan yang tertata rapi, kampung baciro merupakan salah satu wilayah hunian yang nyaman di Kota Yogyakarta. Kegiatan muda-mudi yang berjalan dengan dukungan pihak kampung juga merupakan potensi yang nyata ada disamping dukungan asrama mahasiswa yang menambah keragaman budaya di kampung baciro.

Visi kampung Baciro yang ditetapkan sebagai hasil FGD kali ini adalah “mewujudkan baciro sebagai kampung ekonomi mandiri berbasis seni, budaya dan pendidikan”. Visi ini diraih melalui misi yang ditetapkan bersama, yakni:

  • Meningkatkan edukasi warga
  • Menjadikan kampung intelektual dan berbudaya
  • Menjadikan percontohan kampung masyarakat berbudaya
  • Menumbuhkan ekonomi rakyat
  • Bekerjasama saling bersinergi melakukan usaha ekonomi
  • Mendorong partisipasi warga secara fisik dan finansial
  • Mengadakan koordinasi kepada semua pelaku usaha

 

Dengan penetapan visi dan misi secara bersama oleh seluruh stakeholder kampung baciro diharapkan bisa dijalankan dan didukung seluruh warga, sehingga semua program kegiatan diarahkan untuk mendukung visi kampung. (SURYA-A0216)