KAMPUNG DANUKUSUMAN, KAMPUNG BUDAYA YANG SEJUK DAN HIJAU

Kampung danukusuman merupakan kampung yang berada di sebelah barat bantaran kali manunggal. Kampung yang giat melestarikan seni budaya ini banyak menyimpan potensi masyarakat. Ketertiban lingkungan dan kesederhanaan masyarakatnya yang dilandasi jiwa gotong royong yang masih kental membuat hati tenteram setiap berkunjung ke kampung ini. Dengan ragam kegiatan seni budaya di kampung ini, merupakan alat perekat dan sarana komunikasi efektif masyarakat dalam keseharian. Bregodo Danukusumo dengan kelengkapan seragam dan pernak-pernik yang menarik melakukan latihan setiap sebulan sekali, Group Keroncong, Band tembang kenangan yang fokus pada lagu-lagu Koes Ploes bisa juga dinikmati setiap sabtu malam saat latihan. Kelompok seni tradisi juga tersebar di kampung danukusuman dengan acara Garebeg Apem setiap Tahun.

Keguyuban masyarakat tercermin dalam rembug warga yang dibungkus dalam acara Forum Group Discussion (FGD) Kampung danukusuman. Bertempat di taman wisata pinggir kali, pada sabtu sore (30/11/2019) dengan didampingi oleh tim Universitas Tekhnologi Pembangunan, masyarakat danukusuman berembug untuk menentukan visi misi kampung danukusuman. Tak perlu banyak waktu untuk berdiskusi, masyarakat danukusuman menentukan visi kampung “Kampung Danukusuman yang Hijau dan Berbudaya”. Visi ini dijabarkan dengan misi sebagai berikut:

  • Mewujudkan lingkungan bersih
  • Menanam tanaman produktif buah dan sayur di lahan pekarangan
  • Mewujudkan Lorong sayur di tiga ruas gang kampung danukusuman
  • Peningkatan kesehatan balita sampai lansia
  • Menjaga Ketentraman dan keamanan kampung
  • Meningkatkan lembaga perekonomian berbasis kampung

Dalam paparannya Bpk. Wiratmo selaku ketua kampung menyampaikan harapan terwujudnya visi misi kampung danukusuman diharapkan mampu meningkatkan kualitas hidup warga Danukusuman. (SURYA-A0216)