Workshop Kader Lingkungan Sungai

PEDULI SUNGAI

KEPARAKAN-Sungai sebagai salah satu penampakan permukaan bumi yang alamiah. Sungai memiliki arti penting bagi masyarakat terutama yang bermukim di lingkungan sekitar sungai. Kota Yogyakarta dillalui aliran 3 (tiga) sungai yaitu sungai Gajah Wong,  Code dan Winongo. Keparakan salah satu wilayah yang dilalui aliran sungai code yang membentang dari sisi utara mengalir ke selatan.

Masyarakat perlu mengetahui dan memahami tentang sunga sehingga menggugah kesadaran akan kepedulian masyarakat terhadap sungai. Berbagai kebiasaan masyarakat yang tidak peduli terhadap sungai semisal membuang sampah, membuang limbah di sungai disebabkan kekurang pemahaman masyarakat.

Dalam rangka menguatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang sungai maka Kelurahan Keparakan menyelenggarakan Workshop Kader Lingkungan Sungai pada hari Selasa 18 Februari 2020 bertempat di Ruang Golong Gilig dimulai jam 13.00 WIB. Pemateri workshop dari Magister Teknik Lingkungan UGM Yogyakarta dan Ketua Asosiasi Sungai Yogyakarta, Harris Syarif Usman, yang secara resmi dibuka oleh Lurah Keparakan.

Diharapkan dari kegiatan tersebut pandangan masyarakat terhadap sungai semakin baik sehingga kebiasaan-kebiasaan yang tumbuh di masyarakat yaitu :

- Peduli terhadap lingkungan sungai

- Tidak membuang sampah sungai

- Tidak membuang limbah sungai

- Melakukan pembersihan dan pemeliharaan lingkungan sungai

- Melakukan penataan kawasan sungai

Penataan kawasan lingkungan sungai diarahkan untuk terciptanya kawasan wisata sungai yang disinergikan dengan potensi wisata kerajinan yang ada di wilayah Keparakan.