Ribuan Taruna Taruni Flashmob Di Sepanjang Jalan Malioboro

Sepanjang jalan Malioboro sore ini Selasa (18/2/2020) di padati pengunjung dan wisatawan yang berbondong-bondong menyaksikan Pawai Drumband TARUNA dan Taruni Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogakarta. Acara ini menampilkan tarian Beksan Wanara sekaligus diselenggarakan bertepatan dengan hari Selasa Wage.

Sebelum diadakan Drumband kegiatan ini diawali dengan “Flypass” dari Jupiter Aerobatic Team (JAT) Lanud Adisutjipto Yogyakarta sebanyak enam pesawat terbang tipe Wongbe dua kali melakukan terbang rendah diatas kerumunan warga yang menonton di sepanjang jalan Malioboro

Lebih dari 1.000 penari yang terdiri dari Taruna-Taruni dan civitas akademika atau Keluarga Besar AAU yang akan melakukan flashmob di Jalan Malioboro tersebut. Kegiatan ini dalam rangka "Kulonuwun Jogja" dimana para Taruna dan Taruni Tingkat 1 akan memulai pendidikan di AAU Yogyakarta setelah sebelumnya menempuh pendidikan dasar militer di Akademi Militer Magelang.

Flashmob berupa tarian "Beksan Wanara" sengaja dipilih untuk kegiatan tersebut karena AAU sebagai lembaga pendidikan militer juga berkewajiban untuk menjaga dan melestarikan budaya Indonesia.

Selain penampilan Flashmob adapun atraksi Drumband Gita Dirgantara Taruna Akademi Angkatan Udara (AAU). Atraksi ini memukau seluruh warga Yogyakarta yang hadir dan tamu VIP termasuk Walikota dan Wakil Walikota Yogyakarta.

Tak hanya itu acara ini juga mendapat Rekor Muri dari Lembaga Prestasi Indonesia dan Dunia melalui Flashmob Tarian Beksan Wanara terbanyak yang di tarikan oleh 1.200 penari terdiri dari Taruna Taruni dan Keluarga Besar AAU.

Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU) Marsda Nanang Santosa mengatakan, kegiatan ini dalam rangka “Kulonowun Jogja” dimana para taruna dan taruni tingkat 1 akan memulai pendidikan di AAU Yogyakarta setelah sebelumnya menempuh pendidikan dasar militer di Akademi Militer Magelang.

“Secara Geografis AAU berada diwilayah Yogyakarta, maka kami wajib untuk ‘Kulonuwun’ kepada masyarakat Yogyakarta,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pihaknnya ingin mengatakan Yogyakarta di Kesatrian AAU dan membumikan Kesatrian AAU di Yogyakarta.

“Selama ini masih banyak yang belum tahu AAU, maka kami ingin lebih dikenal dan lebih dekat dengan masyarakat,” katanya. (Hes)