Giatkan Program Gandeng Gedong

Suasana aktifitas pelayanan publik di Kantor Kelurahan Kadipaten.

 

KADIPATEN - Pemerintah Kota Yogyakarta yang telah meluncurkan program Gandeng Gendong mendapatkan sambung positif dari kelompok-kelompok usaha  di masing-masing kelurahan termasuk di Kadipaten. Di Kadipaten terdapat dua kelompok usaha yang mangakses program  Gandeng Gedong.

Sekretaris Lurah Kadipaten, Yuni Indartig Yunus mengatakan di Kelurahan Kadipaten saat ini terdapat dua kelompok usaha yang berelasi dengan program Gandeng Gendong. Keduanya itu adalah kelompok usaha Kadipaten Makmur dan kelompok usaha Karisa.

"Sejauh ini baru dua, ada lagi yang saat ini ingin mengajukan dari kelompok musik Karang Taruna, " terang Yuni, saat ditemui di Kantor Kelurahan Kadipaten, Rabu (5/2/2020).

Menurutnya, untuk kelompok usaha Kadipaten Makmur telah tedaftar di aplikasi dan mendapatkan kesempatan untuk akses oder dari Pemerintah Kota. Sementara untuk kelompok usaha Karisa masih ada beberapa dokumen yang harus dilengkapi.

"Kadang kita memesan secara langsung tanpa menggunakan aplikasi karena belum semuanya tekspose, " ujarnya.

Menurutnya, program Gandeng Gendong cukup efektif memberikan dampak positif bagi ekonomi warga. "Program ekonomi yang baik, dan perlu untuk terus kembangkan di Kelurahan Kadipaten, " ujarnya.

Sejak 2018 lalu, Pemerintah Kota Yogyakarta meluncurkan program ekonomi kerakyatan berupa Gandeng Gendong. Program ini melibatkan lima elemen mulai dari kota, korporasi, kampus, kampung dan komunitas. Program ini bertujuan untuk mempercepat upaya-upaya pengentasan kemiskinan.