PELATIHAN ECOPRINT

KEPARAKAN-Kelurahan Keparakan menyelenggarakan kegiatan pemberdayaan masyarakat berupa pelatihan ecoprint selama 2 (dua) hari pada hari Sabtu sampai minggu tanggal 14 - 15 Maret 2020 bertempat di Kampung Metaraman, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Peserta pelatihan adalah perwakilan warga dari setiap RW di Keparakan yang berjumlah 30 orang. 

Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Keparakan, Sartilah, menjelaskan bahwa pelatihan ecoprint termasuk kegiatan pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Keparakan tahun anggaran 2020. Peserta pelatihan mendapatkan fasilitas seminarkit, snack dan makan. Pemilihan tempat untuk pelatihan di Kampung Metaraman dengan pertimbangan efektifitas  dan ketersediaan sarana alat peralatan untuk pelatihan ecoprint.

Ecoprint sebagai teknik baru dalam penuangan warna pada media kain. Teknik ini memerlukan beberapa tahapan dan proses yang harus dilakukan pada bahan pewarna dan media atau kain. Dengan pelatihan tersebut peserta mengetahui dan memahami tahapan dan proses ecoprit.

Foto : Peserta pelatihan bersama hasil pelatihan ecoprint