Kaltana dan KTB Lakukan Penyemprotan Desinfektan

Demi mencegah penyebaran Covid-19 di Wilayah Semaki, pasukan Kelurahan Tangguh Bencanca (Kaltana) dan Kampung Tanggap Bencana (KTB) melakukan penyemprotan cairan desinfektan disekitar kelurahan Semaki pada Sabtu, 21 Maret 2020 yang lalu.

Lurah Semaki, Didik Setiadi, menagatakan bahwa kegiatan itu merespon pesan Walikota Yogyakarta untuk melakukan tindakan tanggap penyebaran Covid-19. “Oleh karena itu, tanggal 21 Maret kemaren kita melakukan gelar pasukan Kaltana dan KTB untuk melakukan penyemprotan desinfektan,” ujar Didik.

Dalam kegiatan itu, tiga kampung di wilayah Semaki yang dilakukan penyemprotan desinfektan, yaitu Semaki Gede, Semaki Kulon, dan Sanggrahan. Fokus penyemprotan desinfektan dilakukan di fasiltas umum seperti Masjid dan balai warga.

Selain melakukan penyemprotan desinfektan, Didik juga menambahkan bahwa pihak kelurahan juga melakukan edukasi kepada warga untuk mencegah penyebaran Covid-19. “Kita mendapatkan pinjaman motor roda tiga dari Balai Kota, kemudian saya keliling untuk menyampaikan edukasi tentang cuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak sosial,” tambah Didik.

Tidak hanya berhenti pada penyemprotan saja, sehari sesudahnya, Minggu, 22 Maret 2020, Kelurahan Semaki mengajak warganya untuk melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan tempat tinggal mereka. Didik mengatakan bahwa sekarang bukan saatnya lagi menanyakan mana bantuan dari pemerintah, warga harus mulai bergerak mandiri, saling bahu-membahu untuk memutus penyebaran Covid-19.