Umat Katolik dan Kristen di Kota Yogyakarta Rayakan Paskah Secara Online

Keuskupan Agung Semarang melalui Uskup Agung  Robertus Rubiyatmoko memastikan misa Pekan Suci Paskah 2020 dilaksanakan secara live streaming.

Umat Katolik dan Umat Kristen di Kota Yogyakarta mengikuti ibadah misa, yaitu Minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung dan Minggu Paskah 2020 secara online.

Kegiatan misa online akan dilangsungkan sesuai imbauan Uskup Agung Semarang.

Kegiatan ini sekaligus mendukung keputusan pemerintah yang meminta tidak ada kumpulan massa untuk meminimalisasi persebaran Covid 19.

Harapannya dengan ibadah secara online ini dapat efektif meminimalisasi penyebaran virus tersebut

Selain itu, cara tersebut memberi dimensi baru bahwa beriman dapat dilakukan dari rumah. Terlebih dimensi kekeluargaan umat juga akan semakin baik.

Beberapa imbauan khusus juga ditujukan untuk para jemaat yang beribadah dari rumah, yakni sebelum pelaksanaan misa secara daring, umat harus mandi bersih, berpakaian rapi, menyiapkan lilin, dan salip untuk melaksanakan ibadah.

Sebelum melakukan misa secara live streaming  dilakukan doa rosario. Dalam doa rosario ini juga diselipkan doa-doa tentang kekuatan, keteguhan dan juga kesehatan.

Terutama bagi mereka para medis yang sedang berjuang menyembuhkan korban terjangkit covid 19.

Juga untuk masyarakat, bangsa, dan negara yang sedang berjuang melawan wabah ini untuk dikuatkan dan diberikan kesehatan. Semoga wabah ini secara hilang.

Untuk Gereja Katolik yang menggelar misa online adalah Gereja Baciro dan Gereja Kotabaru.

Pastor Kepala Gereja Santo Antonius Kota Baru, Kecamatan Gondokusuman, Romo Maharsono, mengatakan misa Jumat Agung di Gereja disiarkan secara live streaming, Jemaat dapat mengikutinya dari rumah masing-masing.

Ia menambahkan selain Gereja Santo Antonius, terdapat beberapa gereja di Kota Yogyakarta yang melakukan misa secara live streaming. Menurutnya, semua itu untuk menjaga kedekatan dengan umat di tengah pandemi Covid 19.

"Kami bikin sendiri (live streaming misa Jumat Agung), beberapa gereja juga bikin, misal Gereja Baciro bikin (misa secara live streaming). Ya, karena untuk membantu kedekatan dengan umat setempat itu perlu," katanya Jumat (10/4/2020).

Sementara untuk Gereja Kristen yang menggelar misa online adalah Gkj Gondokusuman, Gkj Samirono baru, Gkj Mergangsan, Gkj Jatimulyo, Gki Ngupasan, Gki Wongsodirjan, GBIB Margomulyo, dan Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) resort Kota Yogyakarta.

Semua Gereja di Kota Yogya melakukan ibadah online, ada yang melalui youtube, namun ada juga yang direkam dan dikirim melalui aplikasi WhatsApp di grup gereja masing-masing. (Han)