Semangat Sithik Edhing dalam Aksi ke-3

Wirogunan (26/05/2020) "Berbagi Sayuran" Warga bantu Warga, kembali akan digelar pada Minggu (07/06/2020) di dua kampung, yaitu Kampung Bintaran dan Kampung Joyonegaran. Aksi ini digagas Relawan GASA (Gerakan Aksi Sosial dan Keagamaan) Kel. Wirogunan untuk yang ke-tiga. Sebelumnya pada Selasa (19/5/2020), telah dilaksanakan aksi di lima kampung dengan tujuh lokasi. Lima kampung tersebut adalah Kampung Wirogunan, Surokarsan, Nyutran, Mergangsan Lor dan Kampung Mergangsan Kidul.

Pada aksi ke-dua, sebanyak 5.595 bungkus sayuran dengan sebelas jenis dimanfaatkan oleh masyarakat di lima kampung tersebut. Jenis sayuran tersebut antara lain lombok, terong, kacang panjang, buncis, sawi, sop-sopan, cabe merah, cabe rawit, seledri, dan jipang.

Warga diberi kebebasan dalam memilih sayuran, maksimal dua bungkus. Hal tersebut, dimaksudkan memberi kesempatan kepada warga yang lain, sebagai bagian dari semangat sithik edhing.

Ketua aksi "Berbagi Sayuran" warga bantu warga Herond Henry menyatakan, kegiatan ini sebagai lanjutan dari kegiatan sebelumnya. Semangat Sithik Edhing terus akan digelorakan kepada masyarakat, sehingga semangat berbagi dengan warga lain menjadi bagian dari hidup dalam masyarakat. Kegiatan ini dalam rangka membantu masyarakat terutama yang terdampak pandemi Covid-19.

"Kami sangat berterima kasih  atas bantuan, donasi dan support dari berbagai pihak. Khususnya kepada Mas Tambah dan Paguyuban Pedagang Sayur Dieng yang ada di Pasar Giwangan, Dian Megantara (Pengusaha Sayur Kopeng), dan Gunawan (Dinas Pasar Yogyakarta) atas support dalam aksi sebelumnya. Harapannya, dalam aksi ke-3 dan aksi-aksi berikutnya tetap men-support kegiatan kami" ujar Herond.

Abdul Razaq,  Ketua GASA Wirogunan menyatakan aksi ke-3 ini menggelorakan semangat sithik edhing Warga Wirogunan. Semangan sithik edhing dalam mengambil sayuran, sithik edhing dalam berdonasi, dan sithik edhing dalam berkontribusi dan berpartisipasi.

Lebih lanjut, dia menjelaskan panitia aksi, dengan semangat sithik edhing mengajak dan membuka kesempatan bagi warga lain untuk turutserta ambil bagian dalam aksi ini. Tidak hanya dalam bentuk dana,  namun juga barang berupa sayuran. Sayuran dapat diantar langsung ke lokasi aksi atau menghubungi relawan aksi GASA Wirogunan.

"Alhamdulillah, dan terima kasih kepada warga yang telah ber-donasi dalam aksi Berbagi Sayuran. InyaAllah, akan kami tunaikan amanah tersebut. Secara berkala, kami informasikan kepada warga atas aksi ini, baik laporan kegiatan maupun sumber pendanaannya", ujarnya.

Bersama kita bisa, gotong royong modal utama sebagai motivasi bagi relawan GASA. Terus berbuat untuk bermanfaat bagi sesama. (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#GASAWirogunan
#TerusBerbuat
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat