Pentingnya Mematuhi Protokol Kesehatan Cegah Penyebaran Covid-19

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menggelar syawalan pada hari pertama masuk kerja di Grha Pandawa Balikota Yogyakarta, Selasa (26/5). Kegiatan ini dihadiri oleh Walikota dan Wakil Walikota Yogyakarta beserta istri, Camat Se-Kota Yogya serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkot Yogyakarta.

Berbeda dari tahun sebelumnya, syawalan kali ini berada di tengah-tengah pandemi Covid-19. Untuk itu, kegiatan ini berlangsung dengan mematuhi protokol kesehatan. Saat masuk ke dalam ruangan, semua diwajibkan untuk memakai masker, menggunakan handsanitizer dan melakukan pengecekan suhu badan, serta tempat duduk diberikan jarak satu hingga dua meter. Hal ini dilakukan guna mencegah penyebaran virus covid-19.

Dalam kesempatan ini, Ikrar Syawalan dibacakan oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya dan dilanjutkan dengan Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti yang berlangsung dengan khidmat tanpa berjabat tangan satu dan yang lainnya.

“ Semoga kita diberikan kelancaran oleh Allah SWT, saling membangun kebersamaan, membangun komitmen sosial, salah satunya diwujudkan dalam acara syawalan ini,” ungkap Sekda Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya.

Pemerintah Kota Yogya terus menjaga dan melayani masyarakat serta mencegah dan menanggulangi covid-19. Walikota Yogyakarta berpesan agar jangan cepat puas meski di Kota Yogya penyebarannya termasuk landai, dan seolah-olah sudah selesai. Karena, di luar sana masih banyak hal-hal yang membahayakan dan akan mengancam sendi-sendi kehidupan kesehatan.

Dalam kesempatan silaturahmi tersebut, Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti juga menyampaikan banyak hal, salah satunya menekankan pentingnya peraturan protokol kesehatan dalam akses sosial, ekonomi dan pendidikan di Kota Yogyakarta.

“ Evaluasi kami, saat ini semua berjalan sesuai yang kita harapkan. Protokol kesehatan dijalankan dengan baik, yang paling penting protokol di bidang anggaran berkaitan dengan bansos agar bisa berjalan dengan baik. Selain itu, peraturan protokol kesehatan diharapkan dilakukan  pada bidang sosial, ekonomi dan pendidikan,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, semua lingkup Pemerintah Kota Yogyakarta dan masyarakat agar tetap mematuhi peraturan yang sudah diberikan, sebagai bentuk pencegahan Covid-19.

“ Tapi saya lihat semua tim covid-19 berjalan dengan lancar, ini sangat saya apresiasi. Adanya kesadaran dengan menjaga, melindungi dan menangani terhadap potensi pandemi Coovid-19, dan respon masyarakat yang hingga saat ini masih berjalan dengan baik,” jelasnya. (Hes)