Filosofi Gotong Royong dalam Aksi GASA Wirogunan

Wirogunan (27/05/2020) Gerakan Aksi Sosial dan Keagamaan (GASA) Wirogunan sebagai wadah relawan di Kel. Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta berikhtiar untuk terus berbuat bagi masyarakat. Beberapa kegiatan yang telah dan terus akan di lakukan dalam pandemi Covid-19 antara lain "Berbagi Sayuran" Warga Bantu Warga, penyemprotan disinfektan dan membantu pamulasaraan jenazah.

Beberapa kegiatan GASA Wirogunan dimaksud menerapkan filosofi gotong royong. Filosofi gotong royong sebagaimana yang pernah disampaikan oleh Presiden Soekarno dalam sidang BPUPKI, 1 Juni 1945. “Gotong royong adalah pembantingan tulang bersama, pemerasan keringat bersama, perjuangan bantu-membantu bersama. Amal semua buat kepentingan semua, keringat semua buat kebahagiaan semua”.

Semangat dan filosofi gotong royong ini, menghasilkan kebersamaan dan aksi dalam masyarakat Wirogunan. "Berbagi Sayuran" Warga bantu Warga, yang telah digelar dua kali dan akan berlanjut aksi ke-3 pada Minggu (07/06/2020) di dua kampung, yaitu Kampung Bintaran dan Kampung Joyonegaran.

Aksi "Berbagi Sayuran" Warga bantu Warga ke-2,  pada Selasa (19/5/2020) di lima kampung didukung berbagai pihak, sebagai wujud filosofi gotong royong. Sebanyak 5.595 bungkus dengan sebelas jenis sayuran dimanfaatkan oleh masyarakat. Tidak kurang dari 35 relawan turut terlibat dalam membungkus sayuran dimaksud.

Dukungan berbagai pihak, antara lain Paguyuban Pedagang Sayur Dieng yang ada di Pasar Giwangan, Salah satu Pengusaha Sayur Kopeng, Dinas Pasar Kota Yogyakarta dan para Donatur. Selain itu, pengurus kampung, pengurus RT dan pengurus RW turut men-support kegiatan ini. Disamping, Lurah Wirogunan, Camat Mergangsan, Kepala Puskesmas, Babinsa dan Babinkamtibmas.

Herond Hendry, Ketua aksi "Berbagi Sayuran" warga bantu warga menyatakan kegiatan ini berawal dari respon spontan dari beberapa relawan atas pandemi Covid-19. Setelah sebelumnya warga terdampak Covid-19 menerima bantuan sembako dari warga lain. Berawal dari spontan dan terus berlanjut hingga saat ini, mendapat dukungan dari berbagai pihak.

"Kami sangat berterima kasih  atas bantuan, donasi dan support dari berbagai pihak. Khususnya kepada para Donatur, Mas Tambah dan Paguyuban Pedagang Sayur Dieng yang ada di Pasar Giwangan, Dian Megantara (Pengusaha Sayur Kopeng), dan Gunawan (Dinas Pasar Yogyakarta) atas support dalam aksi Berbagi Sayuran ini” ujar Herond melalui WhatsApp, Selasa (26/5/2020).

Sementara Lurah Wirogunan, A.E. Siwi Utami menyambut baik dan mengapresiasi atas aksi GASA Wirogunan. Keberadaan relawan yang tergabung dalam GASA ini, sangat membantu warga Wirogunan, khususnya dalam pandemi Covid-19. Aksi Berbagi Sayuran sangat dirasakan manfaatnya oleh warga.

“Semangat bersama dan gotong royong terlihat dalam setiap aksi yang dilakukan. Atas nama warga Wirogunan, mengucapkan terima kasih atas kontribusi relawan GASA dalam membantu masyarakat terdampak Covid-19”, ujarnya.

GASA Wirogunan terus mengajak warga Kel. Wirogunan maupun warga lain di luar Wirogunan untuk turutserta ambil bagian dalam aksinya. Tidak hanya dalam bentuk dana, tenaga, namun juga barang, misalnya berupa sayuran dana aksi Berbagi Sayuran. Informasi atas aksi GASA dapat menghubungi Ketua GASA Wirogunan, Abdul Razaq (087738072555)

Bersama kita bisa, gotong royong modal utama sebagai motivasi bagi relawan GASA. Terus berbuat untuk bermanfaat bagi sesama. (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#GASAWirogunan
#TerusBerbuat
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat