Pemkot  Yogya Lakukan Evaluasi Tanggap Darurat Covid 19

Pemerintah Kota Yogyakarta telah lakukan evaluasi selama tanggap darurat covid 19 dengan hasil yang telah sesuai dengan yang direncanakan.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, Rabu (27/5/2020).

"Evaluasi sudah kami lakukan dan hasilnya sudah sesuai dengan yang direncanakan, evaluasi meliputi protokol kesehatan, pelaksanaan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)," ujarnya.

Selain itu lanjut Walikota, evaluasi juga meliputi pelaksanaan pencegahan protokol covid 19, juga terkait dengan pelaksanaan di bidang anggaran, lalu bantuan sosial yang sudah yang sudah dilaksanakan dengan baik.

Walikota mengapresiasi kinerja dari seluruh tim yang terlibat dalam pencegahan penyebaran covid 19 di Kota Yogyakarta.

"Kami mengapresiasi masyarakat yang memiliki kesadaran tinggi untuk menjaga, mencegah, dan menangani terhadap potensi penyebaran covid 19 di masyarakat," katanya.

Sementara itu, Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan saat ini jumlah pasien covid 19 sudah mengalami penurunan, Pasien Dalam Pengawasan (PDP), maupun Orang Dalam Pengawasan (OPD) juga mengalami penurunan.

"Tetapi kita masih menunggu hasil lab dari 7 orang yang sudah menjalani swab tes, untuk hasil swab tes ini memang agak lama sekitar satu mungguan hasil baru keluar," katanya.

Dirinya mengungkapkan saat Shalat Ied masyarakat juga telah memiliki kesadaran tinggi dengan protokol kesehatan untuk mencegah covid 19.

"Ada beberapa Masjid yang menggelar Salat Ied tetapi jamaahnya hanya warga sekitar, begitu pula yang melakukan Salat Ied di jalan, mereka membatasi jamaah, memberikan jarak satu dengan yang lain, juga menyediakan tempat cuci tangan," pungkasnya. (Wsp)