Sekretariat DPRD Kota Jogja Gelar Upacara HUT RI Ke-75 Secara Virtual

Momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia pada Senin (17/8)  yang seyogyanya diperingati dengan melaksanakan upacara bendera di halaman balaikota, kini diadakan secara virtual oleh pegawai Pemkot Yogyakarta secara virtual di instansi masing-masing. Pandemi covid-19 yang melanda Indonesia tidak melunturkan semangat warga Indonesia untuk tetap khidmat memperingatinya. Seperti halnya Sekretariat DPRD Kota Yogyakarta yang melaksanakan upacara di halaman parkir kendaraan dan menyaksikan upacara bendera yang dihelat di balaikota secara terbatas melalui aplikasi zoom meeting.

Dalam kesempatan itu, Walikota Yogyakarta selaku Inspektur Upacara membacakan sambutan dari Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X yang menyampaikan bahwa meski upacara peringatan ini dilaksanakan secara sederhana dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19, momentum ini justru meneguhkan Makna Kemerdekaan bukan sekedar kata. Kemerdekaan adalah Kesempatan berkarya tanpa batas dengan program prioritas Pengembangan SDM sebagai wahana mencapai Indonesia Maju. “Di era digital ini, yang diminta adalah etos kerja kreatif inovatif didukung oleh disiplin, selain keuletan bekerja dan belajar serta berbagai agar bisa berperan dalam kemajuan dunia. Ini saatnya membangun generasi yang mampu mendaki bukit keberhasilan Indonesia setara dengan negara-negara maju,” tutur Haryadi Suyuti.

Melalui sambutan yang dibacakan Walikota Yogyakarta tersebut, Gubernur DIY juga berpesan agar warga negara Indonesia mampu menumbuhkan kultur keunggulan dimulai dari arena pendidikan. Kultur yang digerakkan oleh visi akbar yang sanggup meminta pengorbanan dari segenap warga. Dipandu oleh strategi cerdas agar sumber daya terbatas pun bisa mencukupi. Selain itu juga dimotori oleh inovasi kreatif, dikawal oleh sikap antisipatif-responsif dan didukung oleh karakter ketekunan. “Pondasi prestasi keunggulan-keakbaran itu adalah budaya. Itulah modal utama pendorong kemajuan negara-negara maju. Budaya yang bertumbuh adalah kerja keras, disiplin, berhemat, dan mengutamakan pendidikan,” ucapnya. (fie/ast)