PERINGATI TAHUN BARU HIJRIYAH, BAZNAS KOTA YOGYAKARTA SALURKAN BANTUAN ZIS SEBESAR 600 JUTA

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Yogyakarta kembali menggelar peringatan Tahun Baru 1442 Hijriyah pada tahun ini yang diselenggarakan pada Jum’at (28/8) di Lantai Dasar Masjid Pangeran Diponegoro Komplek Balaikota Yogyakarta. Berbeda dengan tahun sebelumnya, peringatan Tahun Baru 1442 Hijriyah kali ini digelar dengan sangat singkat. Pada kegiatan kali ini BAZNAS Kota Yogyakarta menyalurkan Zakat, Infaq, dan Shodaqoh (ZIS) sebesar 600 juta yang disalurkan kepada 1.700 penerima manfaat yang meliputi Panti Asuhan Yatim Piatu, Kelompok Anak Jalanan, Komunitas Difabel, Pondok Pesantren, Dapur Umum Ngluwihi Bagehi, Ustadz – Ustadzah TKA/TPA, Penerima Manfaat Program Pemberdayaan Ekonomi Produktif yang terdampak COVID-19, dan 66 Seniman dan Seniwati yang berada di Kota Yogyakarta.

Kegiatan Peringatan Tahun Baru Hijriyah kali ini bertajub tema “Berhijrah Menuju Kebiasaan Hidup Baru” dihadiri oleh Kepala Bagian Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Yogyakarta, Kepala Dinas Sosial Kota Yogyakarta, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Yogyakarta, Pimpinan BAZNAS Daerah Istimewa Yogyakarta, Kepala Kementerian Agama Kota Yogyakarta, Ketua DMI Kota Yogyakarta, Ketua LAZISNU Kota Yogyakarta, dan tamu undangan lainnya.

Selain memberikan bantuan berupa uang dan sembako, BAZNAS Kota Yogyakarta juga mendistribusikan Abon Sapi sejumlah 130 kilogram. Abon sapi tersebut adalah hasil donasi dari shohibul qurban Idul Adha 1441 H yang diserahkan kepada BAZNAS Kota Yogyakarta.

Syamsul Azhari selaku Ketua BAZNAS Kota Yogyakarta mengatakan “Jika sebelumnya BAZNAS Kota Yogyakarta juga telah melakukan pendistribusian masker bagi warga kurang mampu sejumlah 1.500, sehingga sampai dengan saat ini jumlah masker yang kita distribusikan sebanyak 21.650 buah.”

“BAZNAS Kota Yogyakarta juga berkerjasama dengan Dinas Sosial Kota Yogyakarta dengan memberikan santunan bagi bayi dari keluarga yang terkena masalah sosial dengan bantuan dana sejumlah Rp.2 juta,” ujarnya.

Selain itu BAZNAS Kota Yogyakarta juga memberikan bantuan kepada warga yang terkena musibah kebakaran yang berada di wilayah Kecamatan Mergangsan dan Kotagede senilai Rp.3 juta dan memberikan fasilitas penyemprotan disinfektan secara gratis di Masjid, Sekolah, Pondok Pesantren, Panti Asuhan serta fasilitas umum lainnya dengan total 302 lokasi yang tersebar di Yogyakarta.

“Saat ini Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Yogyakarta bersama Pemerintah Kota Yogyakarta tengah mempersiapkan Pemberdayaan Masyarakat yang berbasis wilayah, bertempat di Kampung Sudagaran Tegalrejo dengan program Kampung Sejahtera. Sebagian warga yang selama ini berternak babi, nantinya per tanggal 1 Januari 2021 akan beralih ke usaha lainnya, misal Warung Kelontong, Home Industri Kuliner, dan lain-lain. Tahapan program ini sudah mulai kita lakukan dengan menyusun Profil Kampung Sudagaran, meliputi aspek kependudukan dan kewilayahan. Dari profil inilah nantinya akan ditentukan kegiatan yang dilakukan dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan, dan program ini insyaAllah akan berjalan selama 3 tahun dengan pendampingan yang intens,” ucap Syamsul.

Octo Noor Arafat mewakili Wakil Walikota Yogyakarta pada sambutannya menyampaikan “Kegiatan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Yogyakarta ini sangat mengapresiasi dan semoga bantuan yang diserahkan pada kali ini dapat memberikan manfaat yang positif bagi penerima manfaat dan dapat meringankan beban mereka.”

Pewarta : Jihan Nabila Yusuf
Editor : Vingky Kurnia