Wawali Resmikan UST Sebagai Kampus Tangguh Covid-19

Seiring dengan terus dikembangkannya Kampung Tangguh Bencana di Kota Yogya, langkah serupa juga diarahkan ke lingkungan perguruan tinggi. Kali ini Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta menjadi pionir Kampus Tangguh Covid-19. Launcing Kampus Tangguh Covid-19 ini dilakukan oleh Wakil Walikota Yogya Heroe Poerwadi, di Halaman depan UST Jalan Batikan Yogyakarta, Selasa (22/9).

Wakil Walikota Yogya, Heroe Poerwadi menyatakan sangat mendukung apa yang dilakukan pihak UST di tengah pandemi Covid-19 yang tidak kunjung usai ini. “Saya turut senang dengan adanya Kampus Tangguh Covid-19 ini, karena ini menunjukkan bagaimana protokol kesehatan bisa dijalankan di kampus,” katanya.

Lebih jauh Wawali menyatakan bahwa dengan minciptakan kampus tangguh bencana harapannya adalah kampus mempunyai atau menerapkan protokol kesehatan yang baik. Sehingga kampus bisa berjalan atau beroperasional dengan baik dan memberikan jaminan keamanan bagi semua civitas akademika, baik mahasiswa, dosen maupun para pegawai lainnya.

“Kampus dalam beberapa kondisi harus siap dengan protokol kesehatan karena kesiapan ini selain untuk mendukung kegiatan kampus, juga sebagai upaya kita bersama dalam menjalani adaptasi kebiasaan baru serta upaya kita dalam menangani Covid-19 yang jika dilihat grafiknya sangat fluktuatif, kadang turun, terkadang juga tinggi,” kata Heroe.

Ditambahkan bahwa Kampus Tangguh Covid-19 ini tentunya bisa berjalan beriringan dengan program-program pemerintah dalam mengangkat perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Karena bagaimanapun juga mahasiswa yang datang ke Yogya adalah salah satu unsur penting dalam menggerakan roda perekonomia masyarakat.

“Pemerintah juga mempunyai kewajiban untuk mengurus mahasiswa yang sudah di sini sebagaimana warga Yogya. Maksudnya jika ada kasus mahasiswa yang terkena Covid-19, itu sudah menjadi tanggung jawab pemerintah Kota Yogya.”

Pada kesempatan itu juga, Wawali Kota Yogya berkesempatan meninjau kesiapan UST sebagai Kampus Tangguh Covid-19. Selain meninjau secara langsung berbagai fasilitas pendukung protokol kesehatan, Wawali juga turut melihat simulasi penanganan Covid-19 yang diperagakan oleh personil Polresta Kota Yogya. (Muc)