Penghargaan Diharapkan Mampu Tingkatkan Kinerja

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta kembali menggelar penilaian penyelenggaraan perpustakaan dan kearsipan. Berbeda dengan sebelumnya, penyerahan piagam penghargaan dilakukan secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan, Kamis (24/9/2020).

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti menyerahkan piagam penghargaan tersebut secara langsung kepada juara pertama dari masing-masing kategori.

Haryadi menilai penghargaan tersebut sangat penting untuk memberikan motivasi kepada instansi dan unit kerja di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta. Selain bentuk apresiasi, penghargaan akan meningkatkan kinerja masing-masing instansi.

“Setiap penerima penghargaan ini pasti akan termotivasi dan semangat dalam bekerja, walaupun hadiahnya sederhana. Namun jangan sampai berhenti berkarya,” jelasnya.

Pihaknya meminnta pemberian penghargaan bisa diberikan lebih banyak lagi, sehingga akan memberikan semangat kerja baik kepada rekan kerja, antar instansi dan unit kerja serta masyarakat.

Haryadi berharap semua instansi dan unit kerja bisa mengoptimalkan perpustakaan masing-masing, serta mampu menata sistem arsip dengan baik dan terintegrasi.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko mengatakan tujuan lomba tersebut adalah untuk mengukur dan menilai kualitas manajemen pengelolaan perpustakaan secara menyeluruh.

Keberadaan Perpustakaan di setiap Instansi, lanjutnya, mutlak diperlukan sebab mempunyai peran penting sebagai wahana pengembangan wawasan pegawai, pengembangan daya analisis, pengembangan budaya cerdas serta sebagai pusat rekreasi edukatif.

Penilaian kearsipan dilakukan dalam 8 kategori, mulai dari kategori eselon dua hingga kategori BUMD. Juara pertama kategori eselon dua diraih Dinas Pendidikan dengan nilai 83 poin.

Sementara penilaian penyelenggaraan perpustakaan kategori dinas, badan, sekretariat dewan, inspektorat dan RSUD dimenangkan Dinas Pendidikan sebagai juara pertama, disusul RSUD Kota Yogyakarta juara ke dua, dan juara ke tiga Dinas Kesehatan. (Evi)