rkakung77, 25 September 2020 RTHP di Kota Yogyakarta sebagai Area Smart City
berita

Selama pandemi covid 19 banyak masyarakat yang menjaga jarak satu sama lain. Interaksi mereka umumnya melalui gawai atau telepon genggam. Selain untuk berkomunikasi, perangkat itu juga untuk belajar dan memperoleh informasi secara online dengan internet. Maka melihat kebutuhan ini, Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta  menjadikan RTHP (Ruang Terbuka Hijau Publik) dengan fasilitas koneksi sambungan internet gratis. Ini adalah upaya meningkatkan peran RTHP sebagai salah satu area smart city Free Hotspot Pemerintah Kota Yogyakarta. Fasilitas ini di kelola oleh Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian Kota Yogyakarta.

Sesuai dengan Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 100 Tahun 2018 tentang Masterplan pengembangan Smart City Yogyakarta Tahun 2018 - 2022, Smart City Kota Yogyakarta mempunyai visi antara lain mewujudkan tata ruang kota yang nyaman huni melalui penyediaan sarana prasarana publik yang berkualitas dan terintegrasi; serta mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan (“sustainable development”) melalui pengelolaan lingkungan yang pintar.

Lokasi RTHP di Kota Yogyakarta yang sudah ada Free Hotspotnya dan dapat diakses oleh masyarakat yaitu Taman Bakung Baciro, Taman Kantil Baciro, Taman Wifi Pandeyan Gambiran, RTHP Sorosutan SMK N 4, RTHP Mujamuju Timoho, RTHP Sosromenduran, RTHP Notoprajan, RTHP Kadipaten Wetan, RTHP Taman Kadipaten Kulon, RTHP Mantrijeron, RTHP Dukuh, RTHP Gedongkiwo, RTHP Cokrodingratan, RTHP Bumijo, RTHP Tegalpanggung, RTHP Rejowinangun, RTHP Fasum Gedongan Purbayan, RTHP Tinalan Prenggan, RTHP Fasum Kricak Jambon, RTHP Pringgokusuman, dan RTHP GOR Tegalrejo.

Untuk dapat menggunakan internet gratis tersebut warga masyarakat hanya perlu mendaftarkan diri untuk memiliki ID JSS (Jogja Smart Service). Pendaftaran dapat dilakukan melalui aplikasi JSS android di Play Store atau melalui website https://jss.jogjakota.go.id . Jika sudah mendaftar JSS maka dapat menggunakan ID JSS dan password JSS untuk login ke layanan internet gratis Freehotspot Pemerintah Kota Yogyakarta.

Selain ada akses internet gratis dari Pemerintah Kota Yogyakarta di beberapa RTHP setiap satu minggu sekali didatangi perpustakaan keliling dari Pemerintah Kota Yogyakarta dengan menggunakan mobil yang diberi nama “Monika” dan menggunakan kendaraan roda 3 diberi nama “Puspita” yang dikelola dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta. Perpustakaan keliling tersebut menyediakan bahan bacaan berupa buku, dan terbitan berkala seperti koran dan majalah juga dilengkapi dengan laptop yang online terhubung dengan internet yang dapat digunakan secara bergantian oleh warga masyarakat sesuai dengan jam buka.

Lokasi RTHP yang secara rutin didatangi oleh perpustakaan keliling yaitu Taman Bakung Baciro, RTHP Fasum Baciro, RTHP Demangan, Taman Kehati Demangan, RTHP Gunungketur, RTHP Giwangan dan RTHP Gedongkiwo.

Dengan adanya RTHP sebagai salah satu Area Smart City selama pandemi covid 19 ini diharapkan dapat tetap mewujudkan sasaran Smart City Kota Yogyakarta yang nyaman dan ramah lingkungan, pembangunan sarana prasarana berkualitas, sehat, unggul, kota pendidikan, budaya dan pariwisata sesuai dengan Perwal Nomor 100 Tahun 2018. RTHP tersebut juga dapat mewujudkan beberapa elemen pembangunan kota cerdas di Kota Yogyakarta yaitu Smart Living, Smart Society dan Smart Environment.

Dengan adanya fasilitas tersebut maka banyak masyarakat sekitar yang berkunjung dan bermain serta menggunakan akses Free Hotspot dan Perpustakaan di RTHP di Kota Yogyakarta selama pandemi covid 19 ini yang tentunya harus mematuhi “Protokol Kesehatan” yaitu dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, serta dari petugas Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta dengan menggunakan APD secara rutin membersihkan, merawat dan mengelola RTHP di Kota Yogyakarta. (rkakung, Seksi P-RTHP)

Berita RTHP lingkungan hidup DLH Yogyakarta Pengelolaan RTHP DLH Kota Yogyakarta Kota Yogyakarta Covid 19 Pemerintah Kota Yogyakarta Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta Ruang Terbuka Hijau Publik Pandemi Covid 19 Smart City Yogyakarta Free Hotspot Perpustakaan Keliling Puspita Monika Dinas Lingkungan Hidup Smart Living Smart Society Smart Environment Protokol Kesehatan Masterplan
Forum Bank Sampah
Lokasi Kantor
Search
Statistik Pengunjung
Hari Ini 1,007 Kemarin 618 Bulan Ini 12,955 Tahun Ini 67,455 Total Pengunjung 1,310,698
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat53.14%
Cukup Bermanfaat10.54%
Bermanfaat5.38%
Kurang Bermanfaat5.83%
Video Youtube
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta
Tanggal

PM10

PM25

CO

NO2

SO2

O3

HC


BAIK : 0-50
SEDANG : 51-100
TIDAK SEHAT : 101-200
SANGAT TIDAK SEHAT : 201-300
BERBAHAYA : ≥ 301

Link Terkait