Musrenbang Kelurahan Wirogunan Siap Digelar Secara Online di Tengah Pandemi Covid-19

Kelurahan Wirogunan (25 Januari 2021) Musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) sebagai forum publik perencanaan (program) yang diselenggarakan oleh lembaga publik atau kelurahan yang bekerjasama dengan warga dan para pemangku kepentingan di masyarakat. Pada forum ini, masyarakat melalui perwakilannya, baik pengurus RT, RW maupun Kampung merencanakan program kegiatan untuk satu tahun berikutnya.

Kegiatan Musrenbang kelurahan Wirogunan, Kemantren Mergangsan, Kota Yogyakarta akan digelar Selasa (26/1/2021) di tiga lokasi, yaitu pendopo Wiroguno, Kel. Wirogunan, Gedung Grahadi Joyonegaran dan Balai Kampung Bintaran.

Sebelum menggelar Musrenbang, telah dilaksanakan proses penjaringan usulan berbasis kampung dan telah melaksanakan PraMusrenbang beberapa waktu yang lalu. Tim Perumus yang terdiri dari Abdul Razaq, Andy Maulana, Raditya Kurniawan, Momon Khairussalam dan Tri Suharti bersama Kelurahan telah mencermati usulan kampung.

Abdul Razaq, Ketua LPMK Wirogunan menyatakan siap menggelar Musrenbang secara maksimal, walau dalam masa pandemi Covid-19. Berbagai persiapan telah dilakukan, baik sarana dan praqsarana pendukung maupun materi Musrenbang.
  
“Karena masih di masa pandemi covid-19 (corona virus disease 2019), maka diputuskan Musrenbang 2021 akan dilaksanakan dengan Zoom Meeting yang disupport dari Dinas Kominfo Sandi Kota Yogyakarta. Musrenbang tidak di gelar secara seremonial dengan mengumpulkan banyak orang dalam satu ruangan, namun dibagi di tiga lokasi dan digelar via online”, ujar Razaq di Kantor Kelurahan, pada Senin (25/1/2021).

Adapun peserta musrenbang direncanakan akan diikuti oleh Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, Anggota DPRD Kota Yogyakarta, Sigit Wicaksono, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Yogyakarta, antara lain Bapeda, Bagian Kesra, Bagian Tapem, DP3AP2KB, DPUKP, Dinas Pertanahan, Dinsosnakertrans, Dinas Pertanian dan Pangan, DLH, Dinas Kebudayaan, Dinas Kominfo Sandi, Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah dan Dinas Pariwisata. Selain itu akan diikuti Forum Komunikasi Pimpinan Kemantren (Forkopimca), Lurah dan Perangkat Kelurahan, Ketua LPMK, Ketua Kampung, Ketua-Ketua Kelembagaan tingkat Kelurahan, Ketua RW, dan Ketua RW se-Kel. Wirogunan.

Kasie Ekonomi dan Pembangunan (Ekobang) Kel. Wirogunan, Ambaryati menyatakan Musrenbang tahun 2021 berbeda dengan tahun sebelumnya. Kelurahan Wirogunan telah memiliki perencanaan induk (masterplan), dan RPJM Kelurahan. Seluruh perencanaan yang ada harus menjadi dasar dalam perencanaan kegiatan tahun 2022, dan sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan Musrenbang.

“Peran Tim Perumus untuk melakukan sinkronisasi atas perencanaan yang ada, tidak hanya RPJM Kelurahan dan Masterplan, namun perencanaan-perencanaan lain. Selain itu, penentuan wilayah  strategis yang telah disepakati sebelumnya menjadi pencermatan dan perlu perencanaan yang matang, mengingat akan dianggarkan sebesar 200 juta”, kata Ambar disela-sela rapat koordinasi finalisasi musrenbang, Senin (25/1/2021).

Lebih lanjut, Ambaryati menjelaskan konsep Pembangunan Kelurahan tahun 2022, adalah mewujudkan Kelurahan Mandiri Ekonomi dengan daya dukung potensi kampung/ Branding Kampung. Konsep ini sebagai hasil matrik dari branding setiap kampung dan telah memperhatikan tema pembangunan Kota Ygyakarta 2022, dan tujuan musrenbang. Dengan konsep pembangunan tersebut, seluruh usulan kampung disesuaikan dengan konsep pembangunan tersebut.

Sementara Abdul Razaq menegaskan, persiapan Musrenbang telah maksimal dan insya Allah besok Selasa (26/1/2021) akan berjalan dengan lancar. Dukungan dan peran serta semua pihak sangatlah berarti untuk suksesnya gelaran Musrenbang. (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#LPMKWirogunan
#MusrenbangWirogunan2021
#TerusBerbuat
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat