BABINSA KORAMIL 01/JETIS MEMBINA GENERASI MUDA LEWAT PRAMUKA.

BABINSA KORAMIL 01/JETIS MEMBINA GENERASI MUDA LEWAT PRAMUKA.

 

JETIS - Pramuka sangat berperan dalam membentuk kepribadian, keimanan, kedisiplinan, rasa cinta tanah air, dan rasa tanggung jawab generasi muda. Hal itu merupakan bekal dalam menggapai cita-cita dan menempuh perjalanan kehidupannya di masa mendatang, sebagai generasi muda yang tangguh, beriman, dan bertanggung jawab.

 

Hal inilah yang mendasari Bintara Pembina Desa (Babinsa) Cokrodiningratan Koptu Sentot dalam melakukan pembinaan terhadap generasi muda yang ada di wilayah tugasnya, dengan kegiatan Pramuka.( Kamis 15/4/2021)

 

Saat memberikan materi Peraturan Baris Berbaris (PBB) kepada siswa SMAN 2 Yogyakarta, Koptu Sentot tampak serius memompa semangat para siswa untuk berlatih

Selain dibutuhkan semangat, Peraturan Baris Berbaris juga membutuhkan konsentrasi serta kekompakan, karena tujuan latihan PBB tersebut untuk menanamkan rasa disiplin dan mempertebal rasa kebersamaan,“ ujarnya.

 

Peraturan Baris berbaris juga mempunyai beberapa manfaat yang bisa didapat, seperti melatih daya konsentrasi, belajar tentang solidaritas tim, belajar mendengar, dan patuh, serta taat pada pimpinan.

 

Komandan Koramil 01/JT, Kapten Kav Yohanes Sutarna mengatakan, salah satu tugas Babinsa di wilayah adalah melaksanakan pembinaan generasi muda, terutama pramuka, di tingkat SMP dan SMA atau sederajat dalam rangka menyiapkan unsur Perlawanan Wilayah (Wanwil) dan meningkatkan rasa bela negara dan nasionalisme.