Pemerintah Kota Yogyakarta raih kembali SAKIP dengan predikat A dan Indeks Reformasi Birokrasi dengan predikat BB

Bertajuk SAKIP RB AWARDS 2020  dengan slogan making change making history sebuah persembahan terakhir dari proses evaluasi system akuntabilitas kinerja instansi pemerintah  dan reformasi birokrasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB), Pemerintah Kota Yogyakarta meraih penghargaan SAKIP dengan predikat A dan RB dengan predikat BB pada kamis,22 April 2021 yang dihadiri secara daring. Evaluasi SAKIP dan RB rutin dilaksanakan setiap tahun oleh KemenpanRB pada 84 lembaga, 34 pemerintah provinsi, dan 508 kabupaten kota sebagai sarana untuk melakukan penilaian dan pembinaan manajemen kinerja dan reformasi birokrasi. Beberapa catatan dari evaluasi perlu ditindaklanjuti sebagai sarana perbaikan birokrasi pada Pemerintah Kota Yogyakarta.

Perkembangan nilai SAKIP pada Pemerintah Kota Yogyakarta mengalami trend kenaikan dari tahun 2017 nilai 71,95 dengan predikat BB, tahun 2018 nilai 75,01 dengan predikat BB, tahun 2019 nilai 80,03 dengan predikat A dan terakhir di tahun 2020 nilai 81,46 dengan predikat A. Begitu juga dengan perkembangan indeks reformasi birokrasi dimulai tahun 2017 nilai 70,63 dengan predikat BB, tahun 2018 nilai 71,73 dengan predikat BB, tahun 2019 nilai 73,32 dengan predikat BB dan terakhir tahun 2020 nilai 76,17 dengan predikat BB. Perjalanan perkembangan kenaikan nilai SAKIP dan Indeks RB tersebut tidak mudah,upaya perbaikan senantiasa terus dilakukan. Perlu ditingkatkan lagi manajemen kinerja yang berorientasi pada hasil, birokrasi yang kapabel, birokrasi yang efektif  dan efisien dan birokrasi yang memberikan pelayanan prima sesuai dengan sasaran reformasi birokrasi.

Pada acara tersebut, KemenpanRB juga menekankan untuk menjadi birokrasi berkelas dunia perlu peningkatkan kualitas birokrasi yang berorientasi kepada hasil, berdampak pada pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Budaya birokrasi yang terbentuk adalah berkinerja tinggi, berintegritas tinggi dan melayani masyarakat dengan baik. Sesuai  dengan arahan bapak presiden dalam visi misinya, reformasi birokrasi menjadikan birokrasi lebih adaptif, cepat dalam memberikan pelayanan dan cepat dalam memberikan keputusan.

Pencapaian nilai SAKIP dan Indeks Reformasi Birokrasi  Pemerintah Kota Yogyakarta menjadi stimulus untuk tetap  semangat berkinerja tinggi yang memberikan wujud nyata kepada masyarakat dan menjadikan birokrasi yang lincah yang mampu merespon perkembangan zaman ditengah era disrupsi dan ketidakpastian. (why)