GELAR POTENSI UMKM DAN PERTANIAN KEMANTREN KRATON TAHUN 2021

Tahun ini Kemantren Kraton mengadakan Bazar yang bertajuk “Gelar Potensi UMKM & Pertanian Kemantren Kraton”. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari dari tanggal 4-5 Mei 2021. Sasaran kami adalah seluruh masyarakat Kemantren Kraton khususnya dan juga seluruh masyarakat di luar Kemantren Kraton. Acara tersebut dibuka oleh Bapak Drs. S. Widodo Mujiyatna selaku Mantri Pamong Praja dari Kemantren Kraton dilanjutkan laporan dari panitia penyelenggara disampaikan oleh Ibu Sulasmi, S.IP.,M.Si (Mantri Anom) dan dihadiri oleh wakil  dari Kapolsek Kraton, Danramil 11 Kraton, PKK, Gapoktan, Ketua LPMK dari 3 Kelurahan, Forkom UMKM dan pelaku usaha yang ada di Kemantren Kraton sejumlah 20 pelaku usaha.  

Sambutan Bapak Mantri Pamong Praja Drs. S Widodo Mujiyatna

Menurut Drs. S. Widodo Mujiyatna, selain pemulihan kesehatan, yang tak kalah penting adalah pemulihan ekonomi. Adapun ujung tombak pemulihan ekonomi, lanjut beliau salah satunya adalah para pelaku UMKM.

Acara ini diikuti oleh beberapa pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Gapoktan dari masing-masing Kelurahan, Bulog dan CV. Indoguna. Adapun maksud diadakan kegiatan ini adalah bertujuan membantu dan meningkatkan perekonomian masyarakat di tengah masa pandemi yang masih dihadapi oleh Bangsa ini. Kami berusaha untuk memberikan sarana bagi para pelaku usaha untuk memasarkan  dan memperkenalkan hasil produk UMKM nya dan masyarakat lainnya bisa menikmati hasil tersebut dengan harga yang terjangkau.

Salah satu pelaku UMKM yang ikut berpartisipasi pada acara bazar kali ini, Suswanti dari UMKM Kelurahan Panembahan (Susi Jasuke) berharap kedepannya acara seperti ini dapat diisi dengan tambahan acara seperti lomba balita/mewarnai agar dapat memicu lebih banyak warga yang datang. Selain itu Suswanti berharap di kegiatan tahun berikutnya diadakan pelatihan tentang pembuatan website dan pembuatan gambar desain produk untuk pelaku usaha.

Meskipun begitu, antusiasme masyarakat terhadap kegiatan ini sangat baik, terlihat dari banyaknya masyarakat yang hadir dan berbelanja karena kami memberikan cantelan sayur yang bisa diambil bebas oleh masyarakat yang hadir dan juga doorprize yang bisba didapatkan langsung bagi yang sudah berbelanja.

 

 

Selain bazar kami juga menyediakan Konsultasi Permasalahan Pertanian oleh Forum Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) Kemantren Kraton.

Adapun Kepala Jawatan Kemakmuran dari Kemantren Kraton mengungkapkan bahwa, ini adalah salah satu program pemerintah Kota Yogyakarta untuk pengentasan kemiskinan dimana ini juga sejalan dengan program-program ekonomi di Kemantren Kraton, beliau juga berharap kedepannya kegiatan seperti ini bisa terus diadakan serta tetap bisa bekerja sama dengan semua unsur pendukung dan semua pihak yang mendukung pemulihan dan kemajuan ekonomi bangsa khususnya tingkat Kemantren.