Komitmen Bersama “Gerbang Surga” Wirogunan

Gerbang Surga (Gerakan Bangkit Serentak untuk Warga) sebagai gerakan bersama dalam mencegah penyebaran Covid-19 dalam kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial kemasyarakatan. Gerbang Surga sebagai aksi bersama antara Satgas Covid-19 Kelurahan, dan kelembagaan sosial, antara lain LPMK, GASA, DMI (Dewan Masjid Indonesia) Wirogunan Plus, FKDM, BKM Bhakti Wiraguna, PSM Wirogunan, Karang Taruna, Kampung se-Kel. Wirogunan serta dukungan Babinsa dan Babinkamtibmas.

Gerbang Surga adalah aksi kemasyarakatan yang bertujuan sebagai tindak lanjut dari Edaran Walikota Yogyakarta Nomor : 451/1353/SE/2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Kegiatan Ibadah Ramadhan da Shalat Idul Fitri 1442 H di Kota Yogyakarta pada Masa Pandemi Covid-19, Edaran Gubernur dan Edaran Menteri dalam Negeri.

Komitmen bersama antara Satgas Covid-19 dan seluruh kelembagaan di Kel. Wirogunan, dilakukan rapat koordinasi dan pernyataan komitmen pada Selasa (11/05/2021), bertempat di Pendopo Wiroguno, Kel. Wirogunan, Kemantren Mergangsan, Kota Yogyakarta.

Hadir dalam kegiatan komitmen bersama, Mantri Pamong Praja Kemantren Mergangsan, Rini Rahmawati, Sekretaris DMI Wirogunan Plus, H. Okie F. Muttaqie, Seluruh Takmir se-Wirogunan dan seluruh Ketua kelembagaan tingkat Kelurahan.

Rini Rahmawati, dalam arahannya menyatakan bahwa penyelenggaraan sholat idul fitri perlu memperhatikan edarah walikota Yogyakarta. Penyebaran virus Corona-19 di wilayah Wirogunan, perlu gerakan dan komitmen bersama semua elemen masyarakat.

Gerbang Surga, sebagai gerakan bersama untuk tujuan yang mulia, lanjut Rini. Aksi bersama memutus penyebaran Virus Corona-19, tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, namun menjadi tanggung jawab bersama, termasuk tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Kami percaya, seluruh panitia penyelenggara, DMI Wirogunan dan seluruh Takmir telah mencermati, menyiapkan dan memperhatikan protokol kesehatan. Semua untuk kebaikan bersama”, kata Rini.

Sementara Ketua Gerbang Surga, Wahyu Winarto yang juga sebagai pejabat Sekretaris Kelurahan Wirogunan, menegaskan aksi bersama ini sebagai awal atas aksi-aksi berikutnya. Tidak hanya dalam penyelenggaraan sholat idul fitri, namun juga kegiatan keagamaan lain, sosial dan kemasyarakatan.

Selain itu, aksi Gerbang Surga tidak meniadakan peran Satgas Covid-19 tingkat kelurahan. Namun sebagai kolaborasi, dan sinergisitas semua elemen masyarakat dan kelembagaan yang ada, serta memberi ruang kepada para relawan.

“Komitmen bersama ini, sebagai langkah awal dalam menyamakan frekwensi antara Satgas Covid-19, LPMK, DMI, GASA dan kelembagaan yang ada, serta dukungan dari Babinsa dan Babinkamtibmas. Komunikasi dan koordinasi diantara pihak yang terlibat, sangatlah menentukan dalam keberhasilan aksi ini”, ujar Wahyu.

Gerbang Surga sebagai bagian dari ikhtiar bersama elemen masyarakat, kelembagaan sosial, dan Satgas Covid-19 serta pihak-pihak lain dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kelurahan Wirogunan. (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#GerbangSurga
#LPMKWirogunan
#AbdulRazaq