Harkitnas Ke-113 :  Bangkit dari Keterpurukan Tangguh Hadapi Pandemi

 

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta pagi ini secara virtual menyelenggarakan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-113 sekaligus Launching Road To Gelar Kebangsaan Kota Yogyakarta 2021, Kamis (20/4/21) di Ruang Yudhistira Balaikota Yogyakarta. Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi berharap peringatan ini dapat menjadi kebangkitan dari segala keterpurukan dan siap menghadapi tantangan dengan sikap optimis dan tangguh.

“Beradaptasi dengan pandemi Covid-19 seperti dengan menerapkan Protokol Kesehatan yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas secara disiplin dan bertanggungjawab merupakan salah satu sikap tangguh dalam menghadapi pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Heroe menambahkan, sikap tangguh lainnya yakni dengan menyikapi secara bijak informasi-informasi yang beredar sehingga masyarakat terhindar dari misinformasi, disinformasi, dan hoaks.

Selain itu, masyarakat diharapkan bangkit dan memulihkan ekonomi salah satunya dengan mencintai produk bangsa Indonesia.

“Salah satu cara memulihkan ekonomi adanya mencintai produk lokal dengan membeli atau berbelanja barang dan jasa di Kota Yogyakarta dari UMKM serta usaha lokal Yogyakarta dan saling bergotong-royong menggalang solidaritas dalam semangat Gandeng-gendong serta Segoro Amarto,” jelasnya.

Selain Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-113 acara dilanjutkan Launching Road To Gelar Kebangsaan Kota Yogyakarta 2021 dan Gerakan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Lagu Nasional secara virtual yang ditayangkan melalui video.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta, Budi Santoso mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh seluruh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Se-Indonesia, Kemantren dan Kelurahan Se-Kota Yogyakarta serta seluruh Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Yogyakarta.

“Ada agenda besar yang dilaksanakan dalam menyambut hari Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-113. Pemerintah Kota Yogyakarta melaksanakan Road To Gelar Kebangsaan 2021 hari ini hingga bulan Oktober 2021,” ucapnya.

Tak hanya itu, agenda lainnya yakni melakukan Gerakan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan lagu nasional di sekolah-sekolah serta melaksanakan Webinar dengan judul ‘Strategi Peneguhan Karakter dan Moralitas Nasional Bangsa’secara virtual.

“Terima kasih kepada seluruh instansi dan lembaga yang lain yang sudah membantu kami dalam berbagai hal sampai nanti diakhir kegiatan. Kebersamaan ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa nasionalisme yang ada di Kota Yogyakarta,” Kata Budi. (Hes)