Festival Dalang Anak dan Remaja 2021 Siap Digelar

Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Kundha Kabudayan bersama Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kota Yogyakarta akan menyelenggarakan Festival Dalang Anak dan Dalang Remaja tahun 2021. Perhelatan ini rencananya digelar pada tanggal 25 hingga 26 Juni mendatang bertempat di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta

Kepala Kundha Kabudayan Kota Yogyakarta, Yetti Martanti mengungkapkan, perhelatan yang rencananya digelar pada tanggal 25 hingga 26 Juni mendatang ini dimaksudkan sebagai  upaya dalam memperkenalkan seni pakeliran di kalangan generasi muda.

“Seni Pakeliran merupakan salah satu seni tradisional yang kaya dengan pesan moral dan filosifi, oleh karena itu, seni ini perlu ditanamkan sejak dini agar tumbuh kepedulian dan rasa cinta terhadap tradisi pakeliran,” ujar Yetti ketika ditemui Selasa (15/6) siang.

Lebih lanjut, Yetti juga berharap kegiatan ini dapat menjadi ajang regenerasi seniman pedalangan di kalangan anak dan remaja.

“Kegiatan ini merupakan wujud adanya upaya pelestarian, pengembangan dan nilai-nilai budaya daerah sekaligus memberikan peluang bagi organisasi seni khususnya seni pedalangan di masyarakat untuk lebih mengembangkan bakat dan ketrampilannya demi kemajuan kesenian tradisional,” imbuhnya.

Festival ini terbuka bagi anak dan remaja pemegang KIA/KTP Kota Yogyakarta dengan rentang usia peserta 8 sampai 15 tahun untuk kategori dalang anak dan usia 16 sampai 20 tahun untuk kategori dalang remaja.

“Kuota masing-masing kategori dibatasi sebanyak 14 peserta. Masing-masing peserta bebas menampilkan lakon cerita  sesuai dengan kategori. Meski digelar secara luring, nantinya panitia akan menerapkan protocol kesehatan yang ketat baik terhadap peserta maupun supporter yang hadir di ruang festival” kata Yetti.

Calon peserta dapat mendaftar dengan mengisi formular yang diunggah melalui tautan bit.ly/3poHWkw, sementara penjelasan teknis dapat dibaca di situs web kundha kabudayaan yang beralamatkan di kebudayaan.jogjakota.go.id serta akun Instagram @dinaskebudayaankotajogja. Pendaftaran akan ditutup pada tanggal 20 Juni 2021 atau setelah kuota peserta terpenuhi.