Panduan Registrasi Jogja Smart Service Versi 3.0

Aplikasi Jogja Smart Service (JSS) versi 3.0 sudah diluncurkan. Untuk mendapatkan JSS versi terbaru, kita dapat memasangnya ke smartphone Android atau iOS dengan mengunduhnya terlebih dahulu di Google Play atau App Store. Anda dapat menemukannya di kolom “Search” dengan mengetik “Jogja Smart Service”.

Begitu hasil pencarian muncul, silahkan mengklik tombol “Install” atau “Pasang”. Aplikasi JSS akan terunduh dan terpasang secara otomatis. Anda tinggal menunggu proses tersebut selesai. Pastikan koneksi internet berjalan dengan stabil agar proses pengunduhan dan pemasangan tidak putus di tengah jalan atau gagal.

Begitu JSS sudah terpasang, maka tekan tombol “open” atau “buka aplikasi”. Tampilan awal yang tersaji adalah laman “login”. Bagi Anda yang sudah pernah menggunakan JSS atau telah memiliki akun, masukkan “username” atau “nama pengguna”, berikut juga “password” atau “kata kunci”. Sementara untuk pengguna yang belum memiliki akun, maka Anda harus mengikuti panduan registrasi sebagai berikut.

Buka aplikasi JSS lalu klik tombol “Daftar di Sini”. Langkah berikutnya ialah mengisikan nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP) pada kolom yang tersedia. Setelah itu, pilih metode pendaftaran antara aplikasi perpesanan WhatsApp atau Email. Pastikan Anda memilih nomor WhatsApp atau Email yang benar-benar aktif dan dapat Anda akses.

Ketika selesai memilih antara WhatsApp atau Email, lanjutkan dengan mengisi kolom “Nama Lengkap”, “Alamat Rumah”, “Nomor Handphone Aktif”, “Alamat Email Aktif”, “Nama Pengguna”, serta “Kata Kunci”. Jangan lupa memasukan kata kunci dua kali ke dalam kolom bertuliskan “Masukkan Ulang Kata Sandi”. Sebagai saran agar tidak lupa di kemudian hari, catat data-data penting tersebut ke buku catatan Anda.

Begitu semua data sudah terisi klik kotak di samping tulisan “Saya bukan robot” dan “Dengan ini saya menyetujui semua kebijakan, syarat dan ketentuan berlaku”. Lalu tekan tombol “Kirim Permintaan Akun!”

Langkah berikutnya adalah aktivasi akun yang telah Anda daftarkan. Caranya adalah keluar dari aplikasi, lalu buka kembali JSS versi 3.0 tersebut. Pada halaman “login”, klik “aktivasi ulang” dilanjutkan dengan mengisi nomor KTP Anda. Selanjutnya pilih metode verifikasi sesuai dengan metode yang Anda pilih pada proses registrasi di atas, baik via WhatsApp atau Email.

Bagi pemilih metode verifikasi WhatsApp, akan muncul pop-up window dengan opsi “Pilih Aplikasi WhatsApp Terinstall”. Aplikasi JSS akan beralih ke WhatsApp dengan pesan yang sudah siap dikirim. Anda tinggal menekan tombol kirim di WhatsApp. Begitu pesan terkirim, silahkan mengklik tautan atau bagian pesan yang berwarna biru.

Setelah itu, tinggal memilih aplikasi peramban seperti Chrome. Akan muncul pemberitahuan bahwa konfirmasi aktivasi berhasil untuk Anda. Pemberitahuan tersebut menandakan bahwa aplikasi JSS Anda siap digunakan.

Sedangkan untuk metode verifikasi Email, kode verifikasi akan terkirim ke kotak masuk atau inbox Email Anda. Silahkan beralih ke aplikasi Email lalu buka inbox dan pilih pesan Email dari Jogja Smart Service. Saat Email Jogja Smart Service sudah terbuka, tekan tautan atau bagian yang berwarna biru. Selanjutnya Anda tinggal memilih peramban yang akan digunakan contohnya Chrome. Konfirmasi aktivasi berhasil dan Anda sudah bisa menggunakan Jogja Smart Service versi 3.0.

Anda juga bisa mengikuti panduan pada tautan https://jss.jogjakota.go.id/panduan atau menghubungi layanan pelanggan JSS via WhatsApp di nomor +628995492195.