Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 20 November 2018 Sego Gurih, Kuliner Sekaten Yang Sarat Makna
berita

Jogja Welcomes You -

Bersamaan dengan digelarnya Sekaten, akan banyak penjual dadakan Nasi gurih bermunculan di sekitar Masjid Gede Kauman. Di tempat inilah sepasang gamelan kuno Kanjeng Kyai Gunturmadu dan Kanjeng Kyai Nagawilaga dilantunkan hingga berakhirnya perayaan Garebeg yang ditandai keluarnya sejumlah Gunungan.

Sebenarnya Sego Gurih bukanlah sepenuhnya kuliner khas pada saat Sekaten, Sego gurih sama halnya dengan Gudeg yang dapat dijumpai di Kota Jogja, namun memang tidak banyak yang menjajakan Nasi gurih tersebut. Hanya pada kesempatan Sekatenlah Nasi gurih banyak dijumpai, khususnya pada saat penutupan Sekaten, tidak sedikit masyarakat Yogyakarta dan wisatawan berbondong-bondong untuk dapat menikmati Sego gurih. Sego gurih biasanya juga dihidangkan dengan aneka macam pelengkap seperti lalapan dan lauk-pauk.

Bagi masyarakat di Yogyakarta, sego gurih atau nasi gurih merupakan sebuah wujud dari rasa syukur dan meminta kesalamatan kepada Tuhan. Dengan filosofi tersebut maka seringkali kita juga menjumpai nasi gurih disajikan dalam upacara tradisi syukuran dan slametan dalam budaya jawa.

Berita Wisata Event

Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yk TV CCTV Pemerintah Kota Yogyakarta Peta Hotel Jogja
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat73.73%
Cukup Bermanfaat11.98%
Kurang Bermanfaat3.36%
Tidak Bermanfaat10.94%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 930 Kemarin 2945 Bulan Ini 95501 Tahun Ini 297544 Total Pengunjung 2744055