KESIAP-SIAGAAN MASYARAKAT TERHADAP KEMUNGKINAN BENCANA

Keparakan-Di wilayah Kota Yogyakarta intensitas curah hujan semakin tinggi. Hal ini perlu diperhartikan masyarakat. Curah hujan yang tinggi berpotensi menimbulkan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Di Kota Yoyakarta terdapat tiga aliran sungai yaitu Sungai Gajah Wong, Sungai Code dan Sungai Winongo. Disekitar aliran sungai terdapat hunian warga yang potensi terkena banjir dan tanah longsor.

Pemerintah Kota Yogyakarta telah menyiagakan masyarakat melalui Forum KTB dengan menggelar Aksi Siaga Bencana dan Donor Darah di Kemantren Mergangsan Kota Yogyakarta. Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi memimpin jalannya kegiatan tersebut. Kegiatan ini melibatkan diantaranya  POLRI, TNI, PMI, Sigrak,BPBD Kota Yogyakarta, serta Gasa Wirogunan.

Aksi kesiapsiagaan ini menjadi salah satu upaya penanggulangan bencana alam. Kegiatan ini sebagai langkah bersama dalam kesiapan personil dan materil dalam mengantisipasi adanya bencana alam.

Wakil Walikota menyampaikan beberapa hal, yaitu pertama, mengajak masyarakat untuk bersama-sama menyiapkan segala kemungkinan yang terjadi, sehingga jika terjadi bencana seperti tanah longsor bisa segera sigap mengatasi bersama. Kedua, seluruh forum KTB ini selalu berkoordinasi dan memonitoring terkait situasi dan kondisi dilapangan. Jika memang dibutuhkan bantuan maka wilayah bisa melibatkan pemerintah yang dalam hal ini dibantu oleh BPBD Kota Yogya. Ketiga, untuk selalu menjaga kesehatan terlebih di musim saat sekarang, keempat, memberikan apresiasi kepada seluruh pihak terkait yang hingga sampai saat ini masih terus mengabdikan diri untuk membantu dalam pelaksanaan penanggulangan bencana.

Sementara itu, Ketua KTB Kemantren Mergangsan Nasiyar menyampaikan bahwa dengan aksi siaga bencana dan donor darah ini seluruh warga Kemantren Mergangsan dapat bersama-sama saling membantu dan kompak dalam menangani kebencanaan ataupun pelaksanaan aksi donor darah.  Aksi ini merupakan bentuk kepedulian bersama dan sebagai antisipasi kami terhadap bencana alam. Tetap  semangat, jaga kesehatan dan tetap jaga lingkungan.