PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DENGAN SABUN SRIKANDI SEJAHTERA

UP2K PKK Kelurahan Patehan Memproduksi Sabun Cair

KTNews.UP2K (Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga) adalah merupakan salah satu program penanggulangan kemiskinan khususnya bagi kaum perempuan. Kader UP2K adalah kader PKK  (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga) yang mendapat pengetahuan dan ketrampilan mengenai UP2K.

                                        

Kelompok UP2K PKK Kelurahan Patehan memperoduksi sabun cair

PKK merupakan gerakan nasional yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat dengan perempuan sebagai motor penggerak utama untuk menuju terwujudnya keluarga yang bahagia, sejahtera dan mandiri. Untuk mewujudkan kegiatan PKK perlu dukungan dari pemerintah baik berupa materil maupun imateril guna tercapainya tujuan dari organisasi PKK.

Awal tahun 2020, ketika Indonesia dilanda pandemic covid-19  yang mengakibatkan anggaran kegiatan seluruh perangkat pemerintahan dan organisasi mengalami rasionalisasi dikarenakan dana tersebut dilaihkan untuk penanganan covid-19 , tidak terkecuali organisasi PKK yang juga terkena imbas dari rasionalisasi tersebut, sehingga PKK Kelurahan Patehan tidak memiliki anggaran untuk merealisasikan program kerja. Berangkat dari permasalahan tersebut pengurus PKK Kelurahan Patehan berusaha mencari solusi untuk meyelesaikan permasalahan tersebut dengan membentuk satu kelompok usaha dibawah naungan UP2K PKK yang bernama “Srikandi Sejahtera”. Kelompok usaha tersebut memproduksi sabun cair yang akan dipasarkan di lingkungan Kelurahan Patehan dengan target pasar seluruh ibu rumah tangga di lingkungan Kelurahan Patehan.

                                            

Hasil produksi sabun cuci piring dan deterjen cair “Srikandi Sejahtera

Kelompok usaha ini memproduksi dua jenis sabun pembersih, yaitu sabun cuci piring dan deterjen cair  yang lebih harum dan higienis dengan alasan bahwa setiap rumah pasti menggunakan sabun cuci piring dan deterjen sehingga harapannya cash flow dari penjualan tersebut akan bagus. Untuk kemasannya menggunakan botol bekas air mineral, dan untuk pengadaannya menggandeng Bank sampah di Kelurahan Patehan untuk menjual botol dengan harga Rp.100 per botol.

                                                 

Ibu-ibu Kelompok UP2K PKK Kelurahan Patehan

Nunung Alfiah selaku penanggung jawab juga sebagai penggagas ide pembuatan sabun ini menyampaikan bahwa PKK sebagai motor penggerak utama menuju terwujudnya keluarga yang bahagia, sejahtera harus dapat terus bersinergi dan berinovasi, bangkit dari kevacuman selama masa pandemi dengan menciptakan peluang usaha yang bertujuan untuk membentuk jiwa Enterpreneurs bagi seluruh anggota TP-PKK  Kelurahan Patehan dengan terjun langsung dalam dunia usaha. Selain itu beliau juga menjelaskan untuk pemasaran melibatkan seluruh Anggota TP-PKK dengan fee sebesar 20 % setiap kali penjualan, termasuk untuk PKK RW. Dapat menjual dan kesempatan memperoleh fee 20%. Dalam 3 bulan ke depan akan ada evaluasi dan pemasar yang terbanyak dalam menjual akan mendapat reward. Pada bulan pertama kelompok usaha ini sudah mengeluarkan fee utk anggota sebesar Rp. 560.000 utk penjualan 280 Botol.