Tadarus Al Qur an di kemantren Pakualaman

Dalam rangka meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT, di Kemantren Pakualaman pada  Ramadhan 1443 H, menyelenggarakan tadarus Al Qur'an setiap hari Selasa dan Kamis untuk karyawan karyawati yang beragama Islam.tadarus berasal dari kata darasa (دَرَسَ) yang memiliki arti belajar. Kemudian disisipi huruf ta (ت) pada awal kata yang mengubah arti menjadi mempelajari bersama. Kegiatan tadarus melibatkan dua orang atau lebih. Artinya sebagian menyimak dan yang lain membaca dengan tujuan mempelajari atau menjaga hafalan dengan mengulang bacaan Al Quran.

Kegiatan Tadarus Al Qur'an ini diselenggarakan selama 30 menit sebelum kegiatan pelayanan kepada masyarakat. Kegiatan ini dibimbing dari personil KUA Pakualaman Yogyakarta. Dalam  kegiatan tadarus Al Qur'an ini dikelompokkan dari kelompok belajar tajwid dan kelompok belajar membaca Al Qur'an.

Berikut ini keutamaan tadarus Al Qur'an :

1. Memperbaiki bacaan Al Quran
"Tadarus merujuk pada sebuah aktivitas pembacaan Al Quran dengan tujuan memelihara dan memperbaiki hafalannya," tulis Mujab  yang dikutip pada Jumat 


2. Menjaga hafalan Al Qur'an
Tadarus adalah momen yang tepat untuk menjaga hafalan Al Qur'an. Kegiatan ini bisa dilakukan karena ada orang lain yang akan menyimak dan mendengarkan bacaan hafalan kita.


3. Memaknai dan mengamalkan isi Al Qur'an
Saat tadarus jangan lupa memperhatikan, menggali, dan mendalami makna ayat-ayat Al Qur'an.


4. Menjalin ukhuwah islamiyah
Tadarus Al Qur'an dapat dimanfaatkan untuk menjalin dan mempererat ukhuwah islamiyah antar muslim.