Fasad Baru Pasar Beringharjo Tonjolkan Nuansa Indis   

Warna wajah bangunan Pasar Beringharjo di kawasan Malioboro Kota Yogyakarta tampil baru. Tampilan fasad bangunan berubah dengan cat warna putih tulang dari sebelumnya berwarna hijau. Pengembalian warna fasad Pasar Beringharjo itu menyesuaikan ketentuan Pemda DIY terkait fasad bangunan di kawasan Malioboro dicat putih.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Veronica Ambar Ismuwardani mengatakan sesuai kebijakan Pemda DIY penataan Malioboro untuk pedestrian, sehingga lingkungan juga berubah. Di mana kebijakannya adalah mengembalikan fasad bangunan seperti era kolonial dulu. Terutama pada warna cat fasad bangunan juga bernuansa Indis.

“Pasar Beringharjo sebagai bagian dari sumbu filosofi dan bagian dari kebijakan itu yang otomatis harus mengubah diri. Oleh karena itu Pasar Beringharjo sebagai cagar budaya dan Pemkot hadir di sini sehingga kita harus segera memberi contoh untuk sekitar mulai berubah,” kata Ambar ditemui di Kantor Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Rabu (25/5/2022).

Pengecatan fasad bangunan Pasar Beringharjo yang berada di sisi barat itu dimulai pada awal Mei 2022 dan selesai pada 20 Mei 2022. Dia menyatakan pengecatan fasad bangunan Pasar Beringharjo tidak menggunakan anggaran APBD Kota Yogyakarta karena belum dianggarkan. Namun dibawah kebijakan Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat itu ditarget harus segera ada penyesuaian. Akhirnya pengecatan dibantu dari pihak swasta penyedia cat yaitu Propan melalui forum Corporate Social Responsibility (CSR) Kota Yogyakarta.

“Kami menjalin kerjasama kemitraan, awal Mei kita melaksanakan pengecatan dengan warna putih tulang. Kami mendapat bantuan cat sekitar 335 liter dari propan dengan komunikasi forum CSR Kota Yogyakarta,” paparnya.

Ambar menuturkan dalam pengecatan fasad bangunan Pasar Beringharjo melibatkan 17 orang tenaga dari Dinas Perdagangan dan 13 orang bantuan tenaga dari Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta. Pengecatan berlangsung selama sekitar 2 minggu. Selesai pengecatan dilakukan penandatanganan berita acara serah terima dari Propan kepada Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta.

“Tenaga kita keroyokan karena tidak ada biaya apapun. Bahan dari propan tenaga bantuan dari PU dan Dinas Perdagangan,” imbuh Ambar.

Diakuinya dahulu fasad bangunan Pasar Beringharjo pernah dicat warna putih. Kemudian ada pengecatan ulang untuk mempercantik disesuaikan dengan warna Yogya yang kebanyakan hijau dan kuning. Dia menuturkan sementara pengecatan masih pada bagian fasad bangunan. Tapi pihaknya akan berkomunikasi kembali dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Yogyakarta dan Forum CSR Kota Yogyakarta untuk perluasan pengecatan di pasar- pasar.

“Pasar bagian dari pariwisata. Karena begitu Pasar Beringharjo dipercantik setiap orang berselfie di depan pasar. Pasar harapan kita bukan hanya sebagai tempat belanja tapi sebagai tempat wisata, tempat kuliner. Karena Pasar Beringharjo ini juga mendukung wisata Malioboro dan Kota Yogyakarta,” terangnya.

Para pedagang di Pasar Beringharjo menyambut baik hasil pengecatan fasad bangunan pasar karena tampil lebih bersih dan bagus. Salah seorang pedagang Pasar Beringharjo, Dewi berharap semakin banyak masyarakat yang berkunjung dan membeli ke Pasar Beringharjo setelah fasad bangunan dicat. “Bagus, lebih bersih. Harapannya lebih banyak pembeli,” imbuh Dewi.(Tri)