Lapis Kraton Mudahkan Warga Ajukan Izin

 

Di era modern saat ini banyak perizinan yang sudah menggunakan media online untuk mempercepat penyelesaian perizinan. Namun banyak orang yang masih belum mengerti penggunaan perizinan online, oleh sebab itu untuk membantu permasalahan tersebut Kemantren Kraton memiliki inovasi Layanan Pasar Kemis Kemantren Kraton (Lapis Kraton).

Inovasi ini dalam rangka memberikan kemudahan memproses pengajuan perizinan online bagi masyarakat. Lapis Kraton secara rutin diadakan setiap hari kamis dengan delapan pelayanan yang disediakan oleh Kemantren Kraton. Inovasi ini diharapkan memberikan peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat khususnya bagi wilayah Kemantren Kraton.

Mantri Kemantren Kraton Yogyakarta, Sumargandi mengatakan, inovasi ini bekerjasama dengan Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Puskesmas Kraton, Samsat Kota Yogyakarta, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah dan Bank Jogja.

"Layanan ini di launching sejak tanggal 15 Maret 2022 yang lalu dan mulai dibuka kembali pada hari Kamis 14 April 2022. Layanan ini semua gratis dan hanya ada di setiap hari Kamis," ujarnya.

Adapun 8 Jenis layanan yang ada di Lapis Kraton yakni Penanganan Permasalahan Kesehatan Jiwa, Cek Kesehatan, Pendampingan Manajemen Bisnis UMKM, Pendampingan Perizinan Online Bangunan  Pendampingan Perizinan OSS (Online Single Submission), Konsultasi dan Pembayaran PBB-P2 (Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan).

Selain itu, juga terdapat pelayanan tentang Pendampingan Perizinan Online Bangunan Gedung, Layanan Bank Jogja, serta Layanan Gojak (Go Pajak Kendaraan Bermotor).

Pihaknya menambahkan khusus untuk pelayanan Penanganan Permasalahan Kesehatan Jiwa harus melalui pendaftaran terlebih dahulu melalui no WA Hotline Kemantren Kraton 081325113261 dengan format mengirimkan nama, alamat dan no hp. Pendaftaran paling lambat hari rabu tiap minggunya sebelum pukul 12.00 WIB.

Ia berharap, kegiatan ini dapat mempermudah perizinan di masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. ''Semoga ke depannya terus berkembang untuk membantu semua pertanyaan dan menjawab permasalahan di masyarakat," ujarnya. (Hes)