Mencicipi Kuliner Western di Tengah Pasar Kranggan

Kuliner yang ada di pasar memang lebih identik dengan jajanan pasar, kuliner tradisional ataupun makanan lokal. Tapi lain halnya dengan kuliner yang ada di pasar Kranggan Kota Yogyakarta. Ada salah satu lapak yang menyajikan menu spesial western food atau menu ala barat.

The French Press Kopi Warung atau TFP Kopi Warung menjadi salah satu lapak kuliner menarik di Pasar Kranggan, tepatnya di Lapak Nomor 25 Lantai 2. Pasalnya menu-menu yang ditawarkan adalah khusus makanan western. Mungkin sejauh ini western food lebih dikenal sebagai sajian makanan yang harganya cukup mahal. Tapi hal ini dipatahkan oleh TFP Kopi warung yang menjual makanan ala barat dengan harga kaki lima dan sangat terjangkau.

Sajian menu yang ditawarkan sangat beragam mulai dari main course, salad, dessert, side dish atau snack dan minuman dengan berbagai pilihan. Keunikan dari TFP Kopi Warung selain lokasi lapaknya ada di tengah pasar dan harganya terjangkau adalah cita rasa menu yang ditawarkan sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia kebanyakan. Hal tersebut disampaikan Erdwiend Nathanael selaku Head Kitchen TFP Kopi Warung saat ditemui pada Selasa (14/6) Lantai 2 Pasar Kranggan.

“Signature dari TFP Kopi Warung ini adalah menu western dengan harga terjangkau yang citarasanya sudah kami sesuaikan dengan selera lidah kebanyakan orang Indonesia. Pelanggan yang datang juga tidak hanya dari Jogja, tapi dari luar kota juga banyak,” jelasnya.

Dikatakan oleh Erdwiend Nathanael menu yang paling banyak diminati pelanggan adalah pada hidangan utama. Pelanggan yang datang bukan hanya dari kalangan anak muda, tapi juga orang tua dan anak-anak.

“Kehadiran kami di sini juga ingin mengenalkan dan memberi referensi kuliner western food kepada masyarakat secara umum. Kan biasanya western food itu kesannya mahal atau terlalu eksklusif, nah di sini kami tawarkan western food versi lebih terjangkau, supaya lebih banyak orang yang bisa menikmati,” tambahnya.

TFP Kopi Warung

Sementara itu salah satu pelanggan TFP Kopi Warung, Muhammad Romi mahasiswa asal Kabupaten Sleman mengatakan kalau citarasa dari menu yang disajikan memang lebih kaya bumbu, tidak hambar seperti menu western food kebanyakan.

“Ya kalau dari rasa lebih gurih dan bumbunya terasa, mungkin karena memang segmennya untuk lidah orang Indonesia secara umum. Kalau saya cocok, ini baru pertama kali coba,” ujarnya.

Menu yang disajikan warung makan ini berganti-ganti setiap harinya dan terdiri dari dua kategori yaitu menu breakfast dan lunch. Setiap kategori menu memiliki jenis tersendiri, menu breakfast atau sarapan biasanya disajikan dalam bentuk sandwich, salad, hingga pancake. Sementara menu lunch atau makan siang yang ditawarkan adalah aneka pasta, aneka olahan daging sapi, ayam, tuna, dan kentang.

Berbagai menu breakfast di TFP Kopi Warung dibanderol dengan harga mulai dari Rp 10.000 saja. Kemudian untuk menu lunch dibanderol mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 35.000 untuk satu porsi hidangan utama.

TFP Kopi Warung juga menjamin semua menu yang disajikan berasal dari bahan makanan yang masih segar karena mayoritas bahan makanan dibeli dari Pasar Kranggan. Harganya yang terjangkau dan tempat yang strategis, membuat warung makan ini ramai dikunjungi saat jam makan siang tiba. TFP Kopi Warung buka setiap Senin hingga Sabtu, mulai pukul 10.30 hingga 21.00 WIB. (Jul)