Gempa Bumi di Kampung Kauman Pakualaman Memakan Korban Patah Tulang Kaki.

GUNUNGKETUR BERDAYA, gunungketurkel.jogjakota.go.id - "Gempaaaaa...gempaaaa...gempaaaaaaaa" teriakan warga Kauman Pakualaman saat detik terjadi gempa bumi. Selang berapa waktu "maliiiiiing...maliiiiiing...maliiiiiiiiiiing" teriakan warga Kauman Pakualaman saat ada orang tidak bertanggung jawab memanfaatkan situasi untuk mencuri burung kicauan peliharaan warga. Saat situasi mulai kondusif ada ODGJ yang memasuki titik pengungsian dan hampir melakukan tindak kekerasan kepada pengungsi. Itu tadi adalah sebagian dari skenario Simulasi Bencana Gempa Bumi oleh KTB Rintisan Kauman Pakualaman.

Pada hari Minggu (03/07/22) pukul 08.00 WIB telah dilaksanakan Simulasi Bencana Gempa Bumi oleh KTB Rintisan Kauman Gunungketur Pakualaman. Simulasi bencana tersebut bertempat di Ndalem Kepatihan Jl. Masjid No.5, Kelurahan Gunungketu, Kemantren Pakualaman, Kota Yogyakarta. Kegiatan Simulasi Bencana ini dilaksanakan sebagai latihan dan langkah antisipasi pencegahan dan kesiapsiagaan terhadap bencana gempa bumi.

Pengukuhan KTB Rintisan Kauman Gunungketur Pakualaman dihadiri oleh Kepala Pelaksana BPBD Kota Yogyakarta, Mantri Pamong Praja Kemantren Pakualaman, Lurah Gunungketur, Danramil Pakualaman, Kapolsek Pakualaman, Pusdalop dan Pendamping PB BPBD Kota Yogyakarta dan segenap tokoh masyarakat di Kampung Kauman.

Dengan adanya kerjasama antara instruktur, peraga dan segenap warga KTB Rintisan Kauman Pakualaman simulasi bencana dapat berjalan dengan lancar. Antusiasme warga terlihat selama mengikuti simulasi tersebut. Dengan dilaksanakan simulasi bencana gempa bumi, diharapkan warga masyarkat sigap dan siap berkoordinasi dalam menghadapi bencana.

*Oleh: Gendoet, Tenaga Teknis Kelurahan Gunungketur