Satu-satunya Kegiatan Perkemahan Perkotaan di Wilayah Kota Yogyakarta

GUNUNGKETUR BERDAYA, gunungketurkel.jogjakota.go.id - Selama pandemic covid-19 anak-anak belajar secara daring, kegiatan-kegiatan diluar sekolah ditiadakan (kemah, field trip,dll), tidak pernah berpergian, sehingga mengakibatkan anak-anak mengalami kebosanan dan gangguan emosi. Oleh karena itu untuk memberikan sebuah kegiatan di luar rumah yang menyenangkan dan mengasyikkan saat liburan sekaligus sebagai bentuk implementasi terbentuknya Kampung Pramuka di Kota Yogyakarta tepatnya di Kampung Gunungketur, maka Pusat Kreativitas Anak (PKA) Omah Kreatif Loedji16 di Kelurahan Gunungketur melaksanakan kegiatan "Cooking Camp" pada Sabtu dan Minggu (03-04/07/22).

Kegiatan ini juga untuk memberikan sebuah gambaran kepada masyarakat bahwa camping diwilayah perkotaan juga mengasyikkan dan menyenangkan. Kegiatan tersebut utamanya adalah untuk pembentukan karakter anak yang dikemas dengan kegiatan mendirikan tenda, tim building games, jelajah kampung, mengenal profesi chef, malam keakraban (api unggun), belanja di Pasar Sentul, duplikasi masakan chef.

Hadir dalam kesempatan tersebut dan turut memberikan sambutan Bapak Heroe Poerwadi selaku Ketua Kwarcab Pramuka Kota Yogyakarta, Cahya Wijayanta, S.Sos Mantri Pamong Praja Kemantren Pakualaman dan Sunarni, S.M Lurah Gunungketur. Peserta Cooking Camp adalah anak-anak baik dari dalam kota maupun luar kota Yogyakarta. Sesi memasak di pandu oleh Chef Arief Pribadi (Executive Chef : Liquid Resto, Westlake Resort and Resto, De Celine Resto).

Omah Kreatif Loedji 16 juga berinisiatif untuk ikut mempromosikan potensi-potensi yang ada di wilayah Kelurahan Gunungketur dengan cara memasukkan jelajah kampung pada kegiatan tersebut. Jelajah kampung dilaksanakan dengan menaiki skuter listrik. Dengan jelajah kampung diharapkan peserta dapat berinteraksi dengan potensi yang ada dan terjadi transaksi keuangan baik saat kegiatan maupun dikemudian hari.

*Oleh: Gendoet, Tenaga Teknis Kelurahan