Rapat Koordinasi Persiapan Penyusunan Materi Coaching Clinic #6 Monitoring dan Evaluasi Implementasi Strategi Sanitasi Kota Yogyakarta

Kelompok Kerja Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta atau disebut Pokja PKP mengadakan koordinasi terkait Persiapan Penyusunan Materi Coaching Clinic #6 Monitoring dan Evaluasi Implementasi Strategi Sanitasi Kota Yogyakarta pada Kamis, 29 Juni 2022, bertempat di Ruang Rapat Code Selatan Bappeda Kota Yogyakarta. Rapat koordinasi ini bertujuan guna langkah persiapan pelaksanaan kegiatan “Coaching Clinic (CC) Evaluasi Implementasi Pelaksanaan SSK pada tahun 2021 dan Rencana Kegiatan PPSP Tahun 2022” yang akan diselenggarakan oleh Kementerian PUPR yang bertempat di gedung kantor DPUPESDM DIY pada Selasa, 5 Juli 2022. Kegiatan Coaching clinic 6 ini sebagai bagian dari proses belajar bersama dalam Pemantauan dan Evaluasi Program Percepatan Pembangunan Sanitasi (PPSP) Permukiman di DIY.

Rapat dihadiri anggota Pokja PKP dari intansi Bappeda, DPUPKP, UPT PAL, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta dan tenaga ahli (Bapak Aris Rusdianto). Pada rapat koordinasi ini Bappeda sebagai koordinator penyusunan materi Coaching Clinic, melakukan koordinasi terkait penyepakatan data dan materi yang akan dipaparkan pada acara CC Evaluasi Implementasi Pelaksanaan SSK pada tahun 2021 dan Rencana Kegiatan PPSP Tahun 2022. Materi tersebut mengenai  tujuh pembahasan. Penjelasan terkait Kondisi Capaian Sanitasi (Akses Limbah Domestik dan Akses Layanan Persampahan) tahun 2019 -2021/2022. Selain itu,  informasi terkait Isu strategis, program dan kegiatan teknis pelaksanaan Pembangunan. Bahasan selanjutnya tentang Sanitasi (Penanganan limbah dan sampah) yang sudah terealisasi di tahun sebelumnya dan yang sedang berjalan, Perhitungan GAP Akses C   apaian Pembangunan Sanitasi dengan target RPJMN (Sampah dan Limbah). Dibahas juga tentang Perhitungan pengurangan GAP akses dari pembangunan fisik tahun 2019-2021. Selain itu juga Informasi mengenai capaian aspek non teknis Pembangunan Sanitasi, Informasi realisasi alokasi anggaran untuk sanitasi terhadap APBD, dan Informasi rencana program dan kegiatan Sanitasi tahun berjalan dan tahun yang akan datang (2023 – 2024) serta rencana sumber anggarannya. Proses rapat koordinasi persiapan penyusunan materi CC berjalan dengan lancar dan menghasilkan kesepakatan data dari stakeholders terkait.