MONOGRAFI SALAH SATU DASAR PERENCANAAN PEMBANGUNAN

Rapat koordinasi penyusunan monografi semester I Tahun 2022 dilaksanakan Rabu 28 Juni lalu, dengan peserta operator monografi kelurahan dan kemantren. Rapat ini dilakukan untuk menyatukan persepsi tentang pengisian monografi kelurahan, agar data yang diinput lebih akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Menurut Permendagri Nomor 13 Tahun 2012, monografi adalah adalah himpunan data yang dilaksanakan oleh pemerintah kelurahan yang tersusun secara sistematis, lengkap, akurat, dan terpadu dalam penyelenggaraan pemerintahan. Monografi memuat  data  umum,  data personil,  data kewenangan,  data keuangan, dan data kelembagaan

Data Umum berisi data sosial, ekonomi, ketenteraman dan ketertiban, dan bencana serta kewilayahan. Data Personil berisi data personil penyelenggara pemerintahan kelurahan. Data kewenangan berisi kewenangan yang dilaksanakan oleh pemerintahan kelurahan. Data keuangan berisi data pendapatan, belanja, pembiayaan dan kekayaan kelurahan. Data kelembagaan berisi data kelembagaan yang berada di kelurahan.

Monografi adalah perwujudan penyelenggaraan Pemerintahan Kelurahan yang efektif dan efisien, yang menyajikan data administrasi secara menyeluruh, terpadu, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Oleh karena itu, pengisian monografi diharapkan dilakukan dengan berkoordinasi dengan seksi-seksi yang mengampu data-data yang dibutuhkan serta lembaga pemerintah atau masyarakat lain. Dengan demikian, isian dari monografi diharapkan dapat menjadi salah satu sumber pengambilan keputusan perencanaan pembangunan di wilayah yang valid.