Kreasi Literasi Jadikan Liburan Sekolah Berkualitas

 


Puluhan peserta dari siswa kelas 3, 4 dan 5 SD/MI se Daerah Istimewa Yogyakarta mengikuti Kreasi Literasi Anak yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Yogyakarta pada tanggal 5-6 Juli 2022. Kegiatan ini merupakan upaya DPK Kota Yogyakarta dalam peningkatan literasi anak pada saat libur panjang melalui kegiatan inspiratif dan menyenangkan. Sehingga dengan mengikuti kegiatan tersebut, libur panjang tetap menjadi produktif dan berkualitas.
 

Pustakawan Rita Susanti DPK Kota Yogyakarta mengatakan, liburan akhir tahun ajaran kali ini diambil sebagai momentum menyegarkan fisik dan psikis anak-anak sekolah sebelum nantinya kembali pada aktivitas hariannya yaitu bersekolah.
  
"Agar menjadi hal yang bermakna maka liburan kali ini kami mengadakan berbagai kegiatan. Kegiatan ini diharapkan menjadi bermanfaat bagi anak-anak, sehingga menjadikan liburan sekolah yang asyik dan menyenangkan. Diharapkan  kegiatan ini juga bisa dilakukan dirumah bersama para orang tua," ujarnya. 

Kegiatan yang dilakukan meliputi dua jenis kegiatan, yang pertama adalah kegiatan Kreasi Literasi Anak dengan mengambil tema “Bermain dan Belajar Bersama, Menanamkan Nilai-Nilai Cinta Lingkungan, Budaya, serta Minat Membaca.” Kegiatan ini dilaksanakan di area terbuka DPK Kota Yogyakarta Jalan Letjend Soeprapto No. 33 Ngampilan.

Ragam kegiatan Kreasi Literasi Anak yakni membuat batik jumputan, melukis gerabah, menghias donat dan menanam buah atau sayur. Kegiatan ini bekerjasama dengan Tim Sekolah Gadjah Wong sebagai instruktur.

Tak hanya itu, jenis kegiatan kedua yang diadakan oleh DPK Kota Yogyakarta yaitu Pelatihan Fotografi yang mengusung tema “Literasi Fotografi, Digitalisasi Aktivitas Sehari-hari”. 

Kegiatan Pelatihan Fotografi ini dilaksanakan di Perpustakaan Kota Yogyakarta Jalan Suroto No. 9 Kotabaru. Kegiatan pengambilan foto ini dilakukan di beberapa lokasi lain seperti di Pasar Beringharjo dan Titik Nol dengan peserta 44 orang siswa SMP/MTs di Kota Yogyakarta dan sekitarnya. 

Untuk materi fotografi sendiri yaitu peserta mengambil foto produk, model, human interest, dan foto street. Untuk kegiatan Pelatihan Fotografi DPK Kota Yogya bekerjasama dengan Tim dari Komunitas Pensil Terbang. 

"Selain sebagai media rekreatif dan peningkatan literasi peserta sesuai materi yang dipelajari, kegiatan ini secara tidak langsung mengenalkan perpustakaan kepada masyarakat. Serta cara untuk meningkatkan penggunaan layanan perpustakaan yang bermuara pada peningkatan budaya kegemaran membaca," jelasnya.

Ia berharap ke depan kegiatan ini tetap terus terselenggara dengan tema-tema yang lebih beragam, menarik, rekreatif dan memberikan dampak positif pagi pesertanya.

Sementara salah satu peserta melukis gerabah Kirana mengatakan, pihaknya dipilih dari sekolah untuk mengikuti kegiatan tersebut. Ia merasa senang dan seru karena liburan kali ini Kirana mengikuti kegiatan yang sangat bermanfaat. "Senang dan seru selain itu bisa menambah teman dan disini diajarkan cara menanam, melukis, dan membuat warna yang dicampur antara warna satu dan warna lainnya," ujarnya. (Hes)