KEGIATAN LAPANGAN LINMAS KELURAHAN GEDONGKIWO

YOGYAKARTA (21/08/2022) - Satuan Perlindungan Masyarakat (SATLINMAS) sebagai salah satu lembaga di Kelurahan mempunyai tugas dan fungsi yang sangat penting. Untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan calon anggota/anggota Linmas Kelurahan Gedongkiwo, pada tanggal 20 dan 21 Agustus 2022 dilaksanakan Kegiatan Lapangan Linmas bertempat di Halaman SD Negeri Gedongkiwo. Kegiatan ini diikuti oleh calon anggota/anggota Linmas perwakilan dari masing - masing RW di wilayah Kelurahan Gedongkiwo.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut meliputi Beladiri, Baris-berbaris dan Lalu Lintas. Materi Beladiri disampaikan oleh Bp. Pudjiman instruktur dari Polsek Mantrijeron, meliputi teknik peregangan otot, teknik dasar pukulan, teknik dasar menangkis pukulan, teknik melumpuhkan lawan menggunakan tangan kosong dan tongkat dan teknik penggunaan borgol. Materi baris-berbaris disampaikan oleh Bp. Sarijan dan Bp. Suyatno dari Koramil Mantrijeron meliputi sikap posisi tegak, sikap posisi hormat yang benar dalam baris-berbaris dan teknik dasar baris-berbaris. Materi Lalu Lintas disampaikan oleh Bp. Arief Rodhi dari Polsek Mantrijeron meliputi 12 (dua belas) teknis dasar pengaturan lalu lintas menggunakan aba-aba tangan dan peluit.

Setelah selasai mengikuti kegiatan lapangan Linmas ini diharapkan calon anggota/anggota Linmas di Kelurahan Gedongkiwo mempunyai bekal keterampilan sesuai tugas dan fungsinya melindungi dan menjaga ketertiban masyarakat.