Bersiap ke Kantor Malah Lihat Ular di Rumah, Warga Cokrodiningratan Hubungi Damkarmat Jogja

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta mendapat panggilan pertolongan pencarian ular yang masuk rumah pada Selasa (30/8/2022) pagi hari  pukul 5.35. Seekor ular sowo kopi berukuran sedang berhasil diamankan dalam waktu singkat.

Petugas mendapat permintaan bantuan dari Bapak Joko yang beralamat di Cokrokusuman Baru, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta. Keluarga pemohon diketahui pada pagi hari ketika bersiap berangkat ke kantor dan sekolah dikagetkan adanya ular di dalam rumahnya yang kemudian sembunyi di celah-celah.

Khawatir akan membahayakan penghuni, petugas Damkarmat Jogja didatangkan, satu regu yang turun kemudian berupaya mencari ular yang cukup lincah dan gesit bersembunyi di celah-celah. Sempat sembunyi di bawah mesin cuci, kemudian ular akhirnya bisa ditangkap sembunyi dalam tas setelah 20 menit upaya penangkapan.

Ular tersebut diketahui berjenis ular sowo kopi, atau sering juga disebut ular babi (Coelognathus flavolineatus). Ular ini kebanyakan memangsa tikus dan menjadi salah satu predator yang bisa mengendalikan hama tikus sehingga sebenarnya dapat berguna bagi manusia dalam lingkungan yang tepat. Meski sebenarnya ular jenis ini tidak berbisa, namun tetap diwaspadai bahayanya jika menggigit manusia. 

Ular yang ditangkap untuk selanjutnya diamankan di markas Damkarmat Yogyakarta untuk kemudian dilepasliarkan ke habitat yang lebih sesuai atau dilestarikan pecinta reptil. 

Ular yang tidak berbisa sebenarnya bisa ditangani oleh masyarakat jika menemui dengan tetap waspada, masyarakat bisa menggunakan peralatan yang berada di rumah seperti sapu dan pengki untuk menangkap ular dan menjauhkannya dari rumah. Meski begitu, jika tidak yakin tentang jenis ular yang dihadapi, ada baiknya tetap berhati-hati dan bisa menghubungi Damkarmat Jogja. Petugas Damkarmat sudah terlatih dan memiliki perlatan khusus untuk keselamatan dalam pemadaman kebakaran maupun penyelamatan lainnya seperti evakuasi ular. Petugas Damkarmat selalu siap sedia 24 jam, dan semua layanan pemadaman serta penyelamatan gratis tanpa dipungut biaya. 

DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN KOTA JOGJAKARTA
Jl.kenari no.56 komplek balaikota yogyakarta
Call center: (0274) 587101, 542885, 2922848, 08112828113
EMAIL: dpkp@jogjakota.go.id
WA: 08112828113