VAKSINASI RABIES GRATIS DI KELURAHAN GEDONGKIWO

YOGYAKARTA (07/09/2022) - Kegiatan vaksinasi rabies gratis untuk hewan peliharaan seperti anjing, kucing dan kera di Kota Yogyakarta merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta. Tujuannya yaitu untuk memberikan perlindungan pada manusia dari dampak gigitan hewan rabies. Suntikan anti rabies pada hewan juga bisa mencegah resiko kematian hingga 100% pada manusia.

Kegiatan vaksinasi rabies ini dilaksanakan rutin setiap tahunnya di Kota Yogyakarta dengan mengunjungi setiap pemelihara hewan kesayangan di tiap - tiap kelurahan tidak terkecuali di Kelurahan Gedongkiwo. Kegiatan vaksinasi rabies gratis ini dilaksanakan pada Rabu, 07 Sepetember 2022 mulai pukul 09.00 - 13.00 WIB bertempat di halaman kelurahan. Kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat khususnya pemiliki hewan peliharaan yang rentan menyebarkan virus rabies. Dimana program ini juga dapat mengantisipasi serangan rabies pada manusia.

Hewan yang berpotensi terserang rabies sebaiknya diberikan suntikan vaksin segera setelah lahir, hal ini dikarenakan virus rabies bisa segera menyerang tanpa memandang umur hewan.  Dalam kurun waktu 14 hari setelah diberikan suntikan, sebaiknya jangan biarkan anjing atau kucing keluar rumah terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan antibody belum tersedia dalam jumlah cukup untuk membentengi hewan dari serangan rabies. Hewan peliharaan juga sebaiknya tidak dimandikan selama 2 minggu pertama pasca suntikan vaksin.

Pentingnya Vaksin pada Hewan Peliharaan

Vaksinasi merupakan salah satu tindakan pencegahan agar hewan kesayangan tidak sakit. Tujuannya untuk memberikan kekebalan pada tubuh dan melindunginya terhadap beberapa penyakit tertentu, karena ada yang bisa berakibat fatal atau mematikan.

Kesimpulan: Rabies merupakan salah satu virus yang berbahaya bagi hewan yang dapat menyebabkan kematian. Hewan yang rentan terinfeksi virus rabies antara lain anjing, kucing dan Kera. Penularan ke manusia terjadi melalui air liur hewan yang sudah tertular oleh virus rabies.(ew)