Berita

Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional (HKGN) Tahun 2022 di Kota Yogyakarta

Dilihat 3551 kali   12/09/2022 06:04:04 WIB

Tim Website Dinkes

img_20220915085612_GraphicDesign3.png

 

img_20220912150204_image.png
Drs. Yunianto Dwisutono, Asisten Pemerintahan dan Kesra Membuka Kegiatan HKGN Ke-12 di Kota Yogyakarta

Jogja Kota. Senin, 12 September 2022 warna ungu, merah dan putih mewarnai setiap pelosok negeri saat para profesional kesehatan gigi dan mulut bersama sekitar 500 ribu anak Sekolah Dasar (SD) di seluruh Indonesia melaksanakan kegiatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional secara serentak dengan sikat gigi bersama.

Ya, hari ini adalah tepat 12 Tahun ditetapkan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional (HKGN), suatu momentum penting yang digagas oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia, dr. Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH.,DR PH.

Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional (HKGN) ditetapkan pada tahun 2010 dan dilaunching pertama kali dalam kegiatan pada Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) Tahun 2011 di Lapangan Gasibu, Bandung.

 

img_20220912153514_image.png
Siswa Peserta Sikat Gigi Bersama bersama Panitia HKGN Ke-12 di SD Muhammadiyah Sapen di Kraton

 

Peringatan HKGN Ke-12 Kota Yogyakarta

Peringatan HKGN Ke-12 di Kota Yogyakarta dihadiri Drs. Yunianto Dwisutono Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Yogyakarta.

 “Mewakili Pemerintah Kota Yogyakarta, saya berharap peringatan ini dapat menjadi momentum yang menginspirasi perubahan dengan berfokus pada pentingnya kesehatan mulut untuk kesejahteraan setiap individu, sehingga  melindungi masyarakat dari berbagai penyakit gigi dan mulut serta meningkatkan kualitas kesehatan secara menyeluruh”, arahan Asisten Pemerintahan dan Kesra dalam acara pembukaan.

Hadir sebagai undangan Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Kepala Dinas Kesehatan DIY, PDGI Cabang Kota Yogyakarta dan Pengwil DIY, PTGMI Cabang Kota Yogyakarta dan Pengwil DIY, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta, , beberapa OPD terkait, Kepala SD Negeri Tegalrejo 1 dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kemantren Tegalrejo. Sementara 7 kepala sekolah sasaran berada pada lokasi masing-masing beserta jajaran 7 kemantren lainnya yang menjadi lokus kegiatan.

 

img_20220915084429_GraphicDesign2.png

 

Kepala Dinas Kesehatan drg. Emma Rahmi Aryani, MM pada kegiatan apel pagi di kantor Dinas Kesehatan menjelaskan bahwa Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) Kota Yogyakarta dipusatkan di Tegalrejo. “Hari ini juga akan dilaksanakan Sikat Gigi Bersama di 8 Sekolah Dasar (SD) yang ditunjuk”, lanjut Kepala Dinas Kesehatan.

 

img_20220912153709_image.png
Edukasi cara menyikat gigi yang benar di SD Tegalrejo I oleh Tim PDGI, unsur Panitia Pelaksanan HGKN Ke-12 Kota Yogyakarta

 

Tema HKGN Ke-12 Tahun 2022

Panitia Nasional, menetapkan tema Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional (HKGN) Ke-12 pada Tahun 2022  Pulih bersama dengan senyum sehat Indonesia, dengan sub tema Wujudkan Generasi Cemerlang Bebas Gigi Berlubang.

drg. Sri Muryaningsih, Sp.KG, Ketua PDGI Kota Yogyakarta menjelaskan ; "Melalui tema tersebut, yang sejalan dengan tema peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yaitu Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat diharapkan dapat meningkatkan semangat, kepedulian, komitmen dan gerakan nyata pembangunan kesehatan yang harus terus diperjuangkan oleh seluruh komponen bangsa dengan tetap tersenyum sehubungan dengan tantangan yang telah kita hadapi bersama selama dua tahun menghadapi Pandemi Covid-19". 

Puncak kegiatan HKGN Ke-12 di Kota Yogyakarta ditandai dengan Sikat Gigi Bersama yang diikuti oleh 1549 siswa dari 8 Sekolah Dasar pada jam 09.00, bersamaan dengan siswa lain se-Indonesia. Secara keseluruhan Sikat Gigi Bersama se-Indonesia akan dimasukkan dalam catatan rekor MURI. 

img_20220912153902_image.png
Peserta Siswa Sikat Gigi Bersama ; di depan ketua kelas diikuti siswa lainnya dengan menjaga jarak dan mentaati Perotokol Kesehatan

 

Ketua PDGI menyampaikan apresiasi kepada panitia pelaksana HKGN Ke-12 yang telah menjalankan ketugasan dengan baik dan berjalan lancar  : “Terima kasih dan penghargaan setingi-tingginya kami sampaikan kepada sejumlah kira-kira 200 orang, baik Dokter Gigi Anggota PDGI Kota Yogyakarta dan Terapis Gigi dan Mulut Anggota PTGMI Kota Yogyakarta, baik yang bertugas di Puskesmas maupun di instansi lainnya, serta petugas dari 8 puskesmas di Kota Yogyakarta yang menjadi lokus kegiatan”.
 

Selamat Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) Ke-12, Pulih bersama dengan senyum sehat Indonesia, Wujudkan Generasi Cemerlang Bebas Gigi Berlubang. (328).

kontributor : sholtan.com, aan_drg

Artikel Terbaru
Placeholder
Artikel Nomor #1
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #2
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #3
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #4
Last Updated 3 min ago
Placeholder
Artikel Nomor #5
Last Updated 3 min ago