Sosialisasi Anugerah Inovasi dan Penelitian 2022

Sosialisasi Anugerah Inovasi dan Penelitian (AIP) tahun 2022 telah dilakukan untuk keempat kalinya di Bappeda Kota Yogyakarta pada Kamis (8/9/2022). Sebelumnya sosialisasi telah dilakukan sebanyak 3 kali pada 10, 18, dan 30 Agustus 2022.

Sosialisasi yang dilakukan dalam beberapa kali kesempatan ini untuk mengakomodir para peserta sehingga dapat memilih waktu yang sesuai dengan kesibukan masing-masing. Selain itu, agar dapat menjangkau peserta lebih luas.

Sosialisasi meliputi penyebaran informasi Panduan Pendaftaran AIP serta Tema dan Gambaran Permasalahan Kota Yogyakarta yang disampaikan oleh Dewi Hernawati, Fungsional Perencana Bappeda Kota Yogyakarta. Disampaikan juga informasi terkait petunjuk teknis penggunaan Aplikasi AIP oleh Shobirin, Tenaga Ahli Penguatan Inovasi Daerah.

Kegiatan Anugerah Inovasi dan Penelitian merupakan apresiasi terhadap hasil inovasi dan hasil penelitian masyarakat yang dapat menjadi solusi bagi permasalahan di Kota Yogyakarta.

Tahun 2022 merupakan tahun kedua kegiatan ini memanfaatkan sistem aplikasi AIP. Dengan adanya aplikasi ini, pelaksanaan AIP lebih efisien dan efektif yang memudahkan para peserta, tim juri , dan panitia serta sangat mendukung sekali dalam suasana pandemi covid-19, meminimalisir interaksi langsung serta mengurangi mobilitas masyarakat.

Kegiatan AIP sendiri untuk tahun 2022 ini hanya membuka 4 kategori yaitu kategori Inovasi Mahasiswa, Inovasi Masyarakat, Penelitian Mahasiswa, dan Penelitian Masyarakat. Meskipun tidak membuka kategori khusus bagi para pelajar (SMP/SMA/sederajat), tidak menutup kemungkinan para pelajar untuk mengikuti ajang ini melalui kategori masyarakat baik inovasi maupun penelitian.

Pada empat agenda sosialisasi yang telah dilaksanakan pun, banyak pelajar yang turut serta hadir menjadi peserta sosialisasi. Animo masyarakat untuk mengikuti AIP cukup bagus karena selama empat kali sosialisasi yang telah dilaksanakan, cukup banyak peserta yang hadir baik itu secara luring maupun daring.

Kegiatan AIP ini bersifat apresiatif bukan kompetitif. Pemerintah Kota Yogyakarta mengapresiasi inovasi dan penelitian yang telah dilakukan dari kalangan masyarakat luas melalui AIP. Harapannya dengan adanya kegiatan AIP ini dapat mendorong kreativitas mahasiswa dan masyarakat untuk menciptakan atau menambah nilai suatu produk atau cara baru dalam penyelesaian permasalahan isu-isu strategis serta ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga terwujud iklim inovasi dan penelitian di lingkungan masyarakat.