SENTRA IKM DI KEMANTREN KOTAGEDE DAN PAKUALAMAN RESMI DILAUNCHING

Kota Yogyakarta merupakan salah satu Kota wisata yang ada di Indonesia. Banyak situs-situs peninggalan jaman penjajahan Belanda atau pun Jepang. Situs-situs tersebut saat ini menjadi tempat tujuan utama wisatawan lokal maupun interlokal. Bukan hanya situs-situs kuno saja yang menjadi tujuan para wisatawan, namun wisata kuliner di Kota Jogja lambat laun mulai menjadi tujuan utama para wisatawan. Banyak IKM yang memproduksi makanan khas Kota Jogja. Hal tersebut secara tidak sadar menumbuhkan banyak IKM yang bergerak dibidang makanan atau kuliner. Tidak hanya makanan dan kuliner, para wisatawan pun juga memburu cindera mata khas dari Kota Jogja. Hal tersebut membuat perekonomian di Kota Jogja ini menjadi meningkat. Para IKM yang ada di Kota Jogja mendapatkan dampak positif dengan adanya wisatawan yang berkunjung ke Kota Jogja.

Kota Jogja terdiri dari 14 Kemantren yang masing-masing memiliki produk unggulan seperti, Batik Tulis, Ecoprint, Jumputan, Shibori, Kaos Lukis, Kerajinan Patung, Souveneir, Tas kulit, dompet Kulit, Jam Tangan dari Kayu Blangkon dan masih banyak lagi produk-produk IKM di Yogyakarta yang lain. Untuk meningkatkan daya saing para IKM, Pemerintah Kota Yogyakarta menerbitkan Keputusan Walikota Yogyakarta Nomor 344 Tahun 2021 tentang Penetapan Sentra Industri Kecil di Kota Yogyakarta. Hal ini dilakukan untuk pengembangan IKM dalam Kelembagaan Sentra.

Untuk mengenalkan Sentra IKM yang tersebar di Kota Jogja, Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Perindustrian, Koperasi, UKM Kota Jogja menggelar acara yang bertajuk Launching Sentra IKM. Tanggal 16 September 2022 Sentra di Kemantren Kotagede dan Pakualaman resmi dilaunchingkan oleh Bapak Sumadi sebagai  Penjabat Walikota Yogyakarta. Acara Launching sentra dihadiri oleh Bapak Penjabat Walikota, Kepala Dinas PerinkopUKM, Bapak Mantri Pamong Kemantren Kotagede, Bapak Mantri Pamong Kemantren Kotagede, dan Ketua Komisi B DPRD Kota Jogja. Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, terus berupaya untuk membantu IKM Kota Yogyakarta khususnya pelaku IKM yang tergabung dalam sentra-sentra industri di Kota Yogyakarta agar bisa terus berinovasi secara kompetitif dan mengembangkan usahanya.