CIPTAKAN “HARMONI MALIOBORO” SMPN 16 YOGYAKARTA RAIH MEDALI EMAS FLSSN NASIONAL

Gamelan adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Yogyakarta, meski saat ini hampir meredup penggunaannya. Gamelan sebagai salah satu alat musik tradisional di Yogyakarta pada jaman dahulu adalah alat musik yang menjadi bagian dari nafas hidup masyarakat. Karena pergeseran jaman, musik tradisional lambat laun tergeser dengan musik modern.

Untuk melestarikan musik tradisional, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menyelenggarakan lomba Musik Tradisional sebagai salah satu cabang lomba dalam Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLSSN) yang diselenggarakan berjenjang mulai dari tingkat Kab/Kota sampai tingkat Nasional. Dalam cabang lomba Musik Tradisional dengan tema “Pesona Wisata Indonesia”, sekolah diharapkan menghadirkan garapan musik daerah (vokal dan instrumental) yang mengusung dan mencerminkan daya tarik atau pesona tentang keindahan alam, keunikan, serta ke-khas-an dari sebuah obyek wisata yang merupakan icon daerah masing-masing.

Sebagai sekolah yang menghargai seni, SMP Negeri 16 tidak pernah ketinggalan mengikuti FLSSN mulai dari tingkat Kota Yogyakarta yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kota Yogyakarta. Melalui proses seleksi dan latihan oleh pelatih profesional serta dukungan moral dari sekolah dan orang tua, tim Musik Tradisional SMP Negeri 16 yang terdiri dari Dymphna Asyera Tarra Anindya, Ananda Putra Bagaskara, Andhika Putra Bagaskara, Genoveva Kanaya Dewanda Putri, dan An-Nisaa Arin Zalianty akhirnya lolos untuk mengikuti FLSSN tingkat nasional mewakili Kota Yogyakarta dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

SMP Negeri 16 Yogyakarta menciptakan aransemen musik tradisional dengan gamelan bertajuk “Harmoni Malioboro” untuk bersaing dengan sekolah lain dari seluruh Indonesia dalam ajang FLSSN tingkat Nasional yang diselenggarakan 12 – 16 September 2022 yang lalu. Semua usaha dan kerja keras tim Musik Tradisional dari SMP Negeri 16 terbayarkan ketika pada acara Penutupan FLSSN tingkat Nasional tersebut diumumkan bahwa “Harmoni Malioboro” meraih medali emas. Selamat untuk SMP Negeri 16 Yogyakarta!