KELURAHAN GEDONGKIWO GELAR FORUM KEWASPADAAN DINI MASYARAKAT (FKDM)

GEDONGKIWO (16/09/2022) - Bertempat di Aula Kelurahan Gedongkiwo diadakan Penguatan anggota dan sosialisasi Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM). Narasumber pada kegiatan tersebut : 

  1. Perwakilan Komisi A oleh Bpk Wisnu
  2. Kepala Kesbangpol oleh Bapak Budi Santosa, S.STP,M.Si
  3. Kapolda oleh Aiptu Budiman

Peserta yang diundang dari pengurus FKDM, unsur  tokoh Masyarakat,  Kelurahan Gedongkiwo dan Babinkamtibmas.

FKDM merupakan wadah bagi elemen masyarakat yang dibentuk dalam rangka menjaga dan memelihara kewaspadaan dini masyarakat. Upaya tersebut dilakukan dengan membentuk Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM). Dasar pembentukkan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) adalah Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2018 tentang Kewaspadaan Dini di Daerah.

Pembentukan FKDM adalah untuk membantu instrumen negara dalam menyelenggarakan urusan keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat melalui upaya deteksi dini terhadap potensi dan kecenderungan ancaman serta gejala atau peristiwa bencana. FKDM  kemudian  menjaring, menampung, mengkoordinasikan, mengkomunikasikan data dan informasi dari masyarakat mengenai potensi ancaman keamanan, gejala atau peristiwa bencana dalam rangka upaya pencegahan dan penanggulangannya secara dini, memberi rekomendasi sebagai pertimbangan bagi Lurah, Forkompimka, FKDM Kecamatan dan FKDM Kota Yogyakarta mengenai kebijakan yang berkaitan dengan kewaspadaan dini masyarakat.