Kebakaran di Ruangan SMP N 5 Jogjakarta Dipadamkan Damkarmat

Sebuah kebakaran kecil terjadi di SMP N 5 Jogjakarta pada Selasa (8/28/2022) malam. Dalam waktu yang singkat kebakaran berhasil teratasi sehingga tidak merembet dan menimbulkan kerugian lebih besar.

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yaogyakarta mendapatkan laporan dari masyarakat pada pukul 19.20,  satu regu pemadam kebakaran langsung meluncur ke lokasi yang terletak di Jl Wardani, Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Dalam waktu sekitar 10 menit saja, api berhasil dikendalikan.

Ruangan yang terbakar merupakan ruangan Dapodik (Data Pokok Pendidikan) sekolah dimana terdapat beberapa komputer dan jaringan listrik. Diduga api muncul dari hubungan arus pendek pada peralatan kelistrikan yang kemudian membesar dan menyambar beberapa barang di ruangan. Beruntung api bisa segera dipadamkan, selain petugas Damkarmat, karyawan sekolah dan masyarakat turut membantu pemadaman. Sekolah juga memiliki banyak alat pemadam api ringan (APAR) yang digunakan untuk pemadaman.

Selalu waspadalah akan bahaya kebakaran di lingkungan kerja, sekolah maupun tempat tinggal anda. Sangat disarankan apabila tempat kerja atau sekolah menyediakan APAR sebagai upaya pemadaman awal agar api tidak membesar. Jika menemui kebakaran yang tidak bisa dikendalikan di Yogyakarta  maupun penyelamatan lainnya dapat menghubungi Dinas Damkarmat Kota Yogyakarta di nomor (0274) 587101, (0274) 2922848, atau Whatsapp  di 0811 2828 113. Petugas Damkarmat telah terlatih dan selalu siap sedia 24 jam melayani masyarakat serta dilengkapi dengan peralatan penyelamatan dan pemadaman, semua layanan pemadaman dan penyelamatan tanpa dipungut biaya alias gratis.