Kampung Sayur Dorong Kota Yogyakarta Menangkan Kota Terbaik Perencanaan Pembangunan Daerah Tahun 2022

Penyerahan Piala Perencanaan Pembangunan Daerah Tahun 2022 oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI - Dr. Ir. H. Suharso Monoarfa, M.A. kepada PJ Walikota Yogyakarta - Sumadi, S.H., M.H.

Kota Yogyakarta Meraih Penghargaan Kota Terbaik 1 Penghargaan Pembangunan Daerah 2022

Capaian pembangunan Kota Yogyakarta dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tertinggi di Indonesia yang didukung oleh jaminan pendidikan dan kesehatan untuk semua warga, serta pelibatan Kota, Kampung, Komunitas, Korporat dan Kampus (5K) sebagai unsur Gandeng Gendong, telah mengantarkan Kota Yogyakarta meraih penghargaan Kota Terbaik 1 Penghargaan Pembangunan Nasional Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Bappenas.

Kota Yogyakarta menerima Penghargaan Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2022 sebagai Kota Terbaik 1 Nasional Kategori Kota dengan program inovasi Kampung Sayur yang diampu oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta (Jakarta, 29/09). Penyerahan Piala Penghargaan PPD dilaksanakan di Gedung Badan Perencanaan Pembangunan Nasional pada tanggal 29 September 2022 dengan rangkaian acara Ekspo Produk Unggulan Daerah para Pemenang dan penerima penghargaan. Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta berpartisipasi dalam ekspo tersebut dengan menampilkan produk-produk olahan Kampung Sayur.

Kunjungan Stand Ekspo Produk Unggulan Daerah Kota Yogyakarta

Salah satu unsur yang diangkat sebagai inovasi dalam penilaian tahun ini adalah Kampung Sayur. Program Kampung Sayur mulai dijalankan pada tahun 2019 sebagai salah satu inovasi  dalam pemecahan masalah Skor Pola Pangan Harapan (PPH) Kota Yogyakarta yang belum optimal. Skor PPH Kota Yogyakarta pada tahun 2018 sebesar 78,8. Pada saat itu skor konsumsi sayur dan buah baru senilai 18 dari nilai skor 30 yang seharusnya dicapai sesuai standar. Melalui Program Kampung Sayur yang memanfaatkan lahan pekarangan untuk penanaman sayuran maka skor konsumsi sayur dan buah meningkat menjadi 30 pada tahun 2021. Seiring dengan hal tesebut maka skor PPH juga mengalami peningkatan menjadi 95,1. Kampung Sayur berperan dalam mendukung ketahanan pangan keluarga dan pemberdayaan masyarakat melalui produksi bibit, pupuk, dan produk olahan dari sayur. Semboyan Kampung Sayur "Nandur opo sing dipangan, mangan opo sing ditandur" menjadi sebuah semangat juang bagi pertanian perkotaan Kota Yogyakarta untuk berkembang dan mendukung ketersediaan pangan keluarga.